Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bekraf Usulkan Modal Ventura Dapat Insentif Pajak

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengusulkan pemerintah memberikan insentif fiskal kepada pelaku usaha di bidang modal ventura
Ilustrasi/investama.co.id
Ilustrasi/investama.co.id

Bisnis.com, JAKARTA-  Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengusulkan pemerintah memberikan insentif fiskal kepada pelaku usaha di bidang modal ventura.

Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo mengatakan keberadaan modal ventura perlu didorong sebagai skema pembiayaan alternatif bagi perusahaan start up.

"Semangat angle investor dalam mendanai start up harus didorong. Barangkali memang diperlukan insentif fiskal, misalnya tax insentif agar bagi investor-investor yang mau berinvestasi ke start up," katanya usai diskusi Scale Up Indonesia ke -3 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (24/3/2016).

Dia menuturkan, selama ini pertumbuhan modal ventura di Indonesia belum seperti yang diharapkan. Salah satunya karena masalah sumber dana. Padahal, jika dana kelolaan modal ventura semakin besar,maka kesempatan untuk melahirkan start up baru juga akan semakin tinggi.

Untuk mendorong hal tersebut, maka pemerintah dinilai perlu turut campur lewat regulasi dalam menciptakan ekosistem yang kondusif.

Dia menganalogikannya dengan sistem zakat, di mana pihak pembayar zakat juga berhak mendapat kesempatan pengurangan pajak. Pasalnya ketika semakin banyak orang yang membayar zakat, artinya dana yang mengalir akan semakin banyak yang dapat dipergunakan penerima zakatnya.

"Hal yang sama juga terjadi dalam ekosistem start up. Ketika semakin banyak masyarakat yang menginvestasikan uangnya lewat modal ventura, maka dana yang akan tersalurkan makin banyak," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper