Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jonan: Tahun Ini, Pelayanan Bandara & Pelabuhan di P. Rote Meningkat

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menargetkan kapasitas sarana dan prasarana, termasuk kualitas pelayanan bandara dan pelabuhan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dapat meningkat pada tahun ini.
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan/Antara
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menargetkan kapasitas sarana dan prasarana, termasuk kualitas pelayanan bandara dan pelabuhan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur dapat meningkat pada tahun ini.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menilai kapasitas Bandara D.C. Saudale Rote yang terletak di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur masih perlu ditingkatkan lagi, termasuk kualitas pelayanannya.

“Kondisinya sekarang masih perlu disempurnakan lagi. Seperti, terminalnya perlu dirapihkan lagi, apron, perkerasan landasan juga perlu diperbaiki lagi agar pelayanannya lebih baik lagi," ujarnya dalam siaran pers, Minggu (13/3/2016).

Pada tahun lalu, bandara kelas III yang dikelola UPT Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub ini telah menyelesaikan beberapa pembangunan a.l. pelapisan landasan pacu, pembangunan taxiway baru, apron dan area sisi darat.

Saat ini, penerbangan menuju Pulau Rote dilayani maskapai Wings Air dengan rute Kupang-Rote, satu kali setiap harinya dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit dengan tarif sekitar Rp400.000.

“Saya berharap ke depannya kalau perlu dari Surabaya atau Denpasar bisa langsung ke Pulau Rote,” tutur Jonan. Adapun, panjang landasan pacu D.C. Saudale Rote mencapai 1.650x30 meter, dan didarati pesawat berbadan kecil, seperti ATR 72 500/600.

Selain pengembangan bandara, Jonan juga menginstruksikan untuk menambah rambu navigasi dan kapal patroli di Pelabuhan Ba’a Rote mengingat pelabuhan ini terletak di pulau terluar bagian selatan Indonesia.

Pelabuhan yang termasuk dalam salah satu pelabuhan di jalur tol laut tersebut memiliki fasilitas gedung terminal penumpang seluas 400 m2, dan mampu menampung hingga 200 orang penumpang.

Dalam operasionalnya, pelabuhan kelas III tersebut telah melayani angkutan kapal penumpang berkapasitas hingga 200 orang dengan rute Kupang-Rote pergi pulang (PP), sebanyak satu kali dalam sehari.

Tak hanya penumpang, pelabuhan tersebut juga melayani angkutan barang. Setiap dua pekan sekali, kapal milik PT Pelni (Persero) melintasi Pelabuhan Ba’a, membawa kebutuhan pokok dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper