Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Singapore Airlines Optimis Tambah Pangsa Pasar di Indonesia

Kondisi pelemahan perekonomian diyakini tidak terlalu menggerus daya beli konsumen Indonesia, khususnya segmen menengah atas, dalam hal bepergian dengan menggunakan pesawat.
Singapore Airlines/Antara
Singapore Airlines/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Kondisi pelemahan perekonomian diyakini tidak terlalu menggerus daya beli konsumen Indonesia, khususnya segmen menengah atas, dalam hal bepergian dengan menggunakan pesawat.

Philip Goh, Regional Vice President South East Asia Singapore Airlines, mengatakan setiap tahun Singapore Airlines rata-rata mengangkut sekitar 2,2 juta penumpang dari Indonesia ke Singapura. Adapun dari Singapura ke Tanah Air ada sekitar 1,5 juta penumpang setiap tahun.

“Kami yakni angka itu akan terus bertambah karena perekonomian Indonesia terus bertumbuh baik dengan  pertumbuhan sekitar 6% dan perekonomian Singapura pun demikian. Sehingga perpindahan wisatawan di antara ke dua negara akan semakin banyak,” tuturnya di Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Salah satu strategi maskapai tersebut dalam memperbesar pangsa pasar adalah dengan menggelar travel fair. Pameran bertajuk Singapore Airlines-BCA Travel Fair 2016 akan digelar selama tiga hari mulai 11-13 Maret di Senayan City, Jakarta.

Selama pameran, pengunjung berkesempatan menjajal kursi dari tiga jenis layanan yang ada yakni kelas suite, bisnis dan premium economy. Jenis layanan terakhir diluncurkan baru-baru ini.

Travel fair yang digelar setiap tahun dinilai selalu memberikan hasil bagus, baik dari segi penjualan langsung maupun promosi. Banyak konsumen yang membeli beberapa tiket sekaligus untuk jadwal bepergian selama setahun.

“Kami tidak memasang target khusus, tetapi penjualan dari even ini selalu menunjukkan tren yang lebih baik dari sebelumnya. Melihat animo pengujung dan kerja keras tim serta travel agent, kami yakni jumlah tahun ini pasti akan lebih besar dari tahun lalu,” tutur Edwien Chiang, Singapore Airlines General Manager Indonesia.

Melalui travel fair kali ini, pelanggan dapat membeli tiket penerbangan dengan harga khusus ke berbagai destinasi seperti Singapura, Hong Kong, Jepang, Londong, Amsterdam, dan Amerika. Destinasi penerbangan tersebut adalah daerah tujuan populer konsumen dalam negeri.

Dua pekan lalu, pameran sejenis juga diselenggarakan di Surabaya, Jawa Timur. Kedua kota ini adalah dua basis pasar yang sangat penting bagi grup maskapai tersebut.

Glory Henriette, Manager Public Relations Singapore Airlines mengatakan dalam pameran di Surabaya dua pekan lalu, pihaknya mampu menjual 100.000 tiket.

Saat ini, Singapore Airlines melayani 9 kali penerbangan dari dari Jakarta-Singapura dan sebaliknya, lima penerbangan dari Bali-Singapura dan sebaliknya, serta dua penerbangan dari Surabaya-Singapura.

Selain itu, ada juga penerbangan dari 12 destinasi di Tanah Air dengan menggunakan Silk Air, antra lain  Semarang, Yogyakarta, Manado, Lombok, Medan, Palembang, Pekanbaru, Balikpapan,  Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper