Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERCEPATAN INVESTASI : Kemendagri Pantau BKPMD

Kementerian Dalam Negeri menyatakan akan memonitoring percepatan perizinan investasi di daerah guna memastikan ease of doing business berjalan sesuai harapan.
Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri menyatakan akan memonitoring percepatan perizinan investasi di daerah guna memastikan ease of doing business berjalan sesuai harapan.
 
Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri mengatakan pihaknya akan ikut memantau kerja Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) dalam memudahkan izin investasi dengan lama target perizinan hanya tiga jam di beberapa sektor.
 
“Ada beberapa kawasan industri di tingkat 1 dan 2 yang sudah cepat, mudah-mudahan enam provinsi dan beberapa kota/kabupaten bisa memacu semua daerah lain,” katanya kepada Bisnis, di kompleks Istana Kepresidenan, Senin (22/2).
 
Tjahjo mengatakan masuknya kepolisian dan kejaksaan untuk mengawasi praktek perizinan daerah diperkirakan bakal mendorong percepatan investasi, denagn meminimalisir sejumlah praktek pungutan liar [pungli] yang terjadi.
 
“Jadi dengan sinergi dengan kepolisian dan kejaksaan, kalau ada yang malas dan melakukan pungli akan segera ditindak,” ujarnya.
 
Kepada pemimpin daerah, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah mengatakan Presiden memberikan pekerjaan rumah untuk memangkas peraturan daerah (perda) yang menghambat.

Dia mengatakan implementasi perizinan tiga jam nantinya akan diarahkan untuk perbedaan fungsi antara persyaratan dan perizinan, sehingga investor harus memenuhi seluruh persyaratan yang diminta peraturan daerah.
 
“Karena tidak mungkin izin IMB atau Amdal 3 jam kan, maka syarat nanti tidak akan masuk dalam bagian perizinan jadi bisa cepat,” katanya.
 
Presiden menargetkan ranking kemudahan investasi (ease of doing business) Indonesia menanjak dari rangking ke-109 menjadi rangking ke-40 pada tahun ini.
 
 
Salah satu yang harus dilakukan adalah melakukan reformasi untuk mempercepat perizinan atau deregulasi aturan yang menghambat guna mempercepat investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper