Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Kertas Diprediksi Berada dalam Tren Positif

Pertumbuhan industri kertas di Indonesia diperkirakan terus berada dalam tren positif beberapa tahun ke depan karena dipengaruhi pertumbuhan masyarakat kelas menengah.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Pertumbuhan industri kertas di Indonesia diperkirakan terus berada dalam tren positif beberapa tahun ke depan karena dipengaruhi pertumbuhan masyarakat kelas menengah.

Direktur PT Cakrawala Mega Indah (CMI) Lina Lim mengatakan 2015 merupakan tahun penuh tantangan bagi seluruh sektor industri di Indonesia. Pada tahun lalu, CMI menutup 2015 dengan mencetak pertumbuhan sekitar 7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Bagi CMI dari seluruh kategori, pertumbuhan bisnis untuk industri kertas melampaui pertumbuhan dari kategori lainnya dengan pertumbuhan yang signifikan di atas 30%,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (17/2/2016).

Menurutnya, potensi usaha berbasis kertas di Indonesia juga dinilai akan terus meningkat. Hal ini sejalan dengan pertumbuhan kelas menengah di Indonesia, dimana daya beli mereka akan memicu pertumbuhan di berbagai sektor, termasuk industri kertas.

“Sebagai contoh, pertumbuhan industri makanan akan memicu kebutuhan akan perlunya wadah kemasan makan yang foodgrade. Ini hanya salah satu contoh dari kebutuhan yang akan timbul di masa mendatang,” katanya.

Untuk diketahui, pada Selasa (16/2/2016), CMI mengundang lebih dari 60 rekanan distributor seluruh Indonesia pada rapat tahunan.

Rapat itu merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan CMI untuk menyosialisasikan rencana tahunan guna mencapai target tahun ini. Meeting kali ini bertajuk Change, Challenge and Opportunity.

CMI merupakan perusahaan yang memasarkan berbagai produk dari Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas untuk kebutuhan pasar Indonesia, baik untuk kebutuhan usaha (B2B) seperti produk fine paper, industrial white and brown, serta specialties .

Selain itu juga untuk kebutuhan konsumen dengan berbagai merek yang merupakan brand leader untuk masing-masing kategori.

Untuk kategori kertas fotokopi, APP memiliki berbagai brand seperti Sinar Dunia, Bola Dunia, Mirage, Paperline Gold, Office Print. Adapun untuk kategori buku tulis, SIDU adalah brand pemimpin di pasar buku tulis.

Berdasarkan survei Nielsen yang dilakukan untuk mengukur brand health produk-produk APP, brand SIDU merupakan merek dengan awareness yang sangat tinggi (98%) serta brand equity yang sangat tinggi di kategori buku tulis dan jauh berada di atas merek lainnya.

Sementara itu, untuk kertas fotokopi, brand Sinar Dunia dan Bola Dunia juga merupakan merek dengan awareness yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper