Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petani Kakao di Sulawesi Barat Minta Bantuan Pemerintah Ditingkatkan

Kalangan petani kakao di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat meminta pemerintah memberikan bantuan pupuk dan perbaikan akses jalan ke sentra produsen kakao.

Bisnis.com, MAMUJU - Kalangan petani kakao di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat meminta pemerintah memberikan bantuan pupuk dan perbaikan akses jalan ke sentra produsen kakao.

Wakil Ketua Koperasi Tani Kakao Sekata, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Manggoy mengatakan bantuan tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi kakao di daerah tersebut.

"Kami memang setiap tahun ada bantuan. Tapi kalau bisa bantuan tersebut ditingkatkan lagi," ujarnya di sela kunjungan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ke Kabupaten Mamuju, Senin (15/2/2015).

Dia optimistis apabila bantuan pupuk diberikan dan akses jalan diperbaiki, maka produksi kakao di Sulawesi Barat akan meningkat.

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menuturkan pihaknya memastikan akan memberikan bantuan ke setiap petani termasuk produsen kakao di Sulawesi Barat.

Pihaknya sudah menganggarkan untuk peningkatan produksi kakao di Sulawesi Barat seiring provinsi tersebut dicap sebagai salah satu produsen terbesar kakau di Indonesia.

"Tapi para petani jangan terus meminta. Ingat, tangan di atas lebih baik dari pada tangan yang di bawah," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Barat Anwar Adnan Saleh memaparkan dalam waktu dekat pihaknya akan memperbaiki jalan akses menuju produsen kakau di Kecamatan Kalukku tersebut.

"Kalau urusan jalan jangan minta ke Menteri Pertanian. Itu urusan saya. Ada jalan yang dibuat dari anggaran Pemkab ada dari Provinsi. Nanti kami pelajari dulu. Jangan sampai ada temuan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper