Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Libur Imlek, Arus Penumpang Ferry Naik 8%

Kendati tidak sepadat periode libur Natal dan Tahun Baru lalu, trafik penyeberangan di sejumlah lintasan tersibuk di Indonesia menunjukkan peningkatan rata-rata 5%-8% yang berjalan aman dan lancar pada libur Tahun Baru Imlek 2567.
Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera antre masuk kapal feri di Dermaga 3 PelaKendaraan pribadi padati Pelabuhan Merak/Antara-sep Fathulrahman
Ratusan kendaraan pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera antre masuk kapal feri di Dermaga 3 PelaKendaraan pribadi padati Pelabuhan Merak/Antara-sep Fathulrahman

Bisnis.com, JAKARTA–Kendati tidak sepadat periode libur Natal dan Tahun Baru lalu, trafik penyeberangan di sejumlah lintasan tersibuk di Indonesia menunjukkan peningkatan rata-rata 5%-8% yang berjalan aman dan lancar pada libur Tahun Baru Imlek 2567.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menegaskan pihaknya telah melakukan antisipasi layanan saat puncak arus balik yang diprediksi terjadi Senin (8/2/2016) malam ini di sejumlah lintasan. Antisipasi yang dilakukan yakni pengoperasian kapal berukuran besar yang dimaksimalkan, dan penambahan sejumlah loket bagi kendaraan.

Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni Heru Purwanto mengatakan, mulai Senin (8/2) siang arus pengguna jasa dari Bakauheni menuju Merak berjalan normal.

"Perkiraan trafik akan meningkat malam hingga dini hari besok, yang didominasi mobil pribadi dan sepeda motor," katanya dalam siaran pers, Senin (8/2/2016) sore ini.

Menurutnya, manajemen telah mengantisipasi sebaik mungkin puncak arus balik penyeberangan pada malam hari ini, mengingat Selasa (9/2) besok, masyarakat kembali aktif masuk kantor.

"Prediksi kami, trafik malam ini bisa naik mencapai 30%-40% dibandingkan normal yang didominasi motor dan mobil pribadi. Untuk truk jelas berkurang, karena pengusaha banyak yang libur," kata dia.

Di pelabuhan Bakauheni, telah disediakan 9 loket untuk kendaraan, 2 loket untuk sepeda motor, dan 7 loket untuk mobil pribadi. Saat ini, beroperasi normal 27 unit kapal, di lintasan Merak-Bakauheni. Namun, ketersediaan kapal dapat ditambah jika terjadi lonjakan yang signifikan.

Dari Merak, dilaporkan kondisi juga masih normal. Hingga siang, Senin (8/2), jumlah pejalan kaki mencapai 4.230 orang, sementara sepeda motor 1.122 unit, mobil pribadi 2.097 unit, bus 234 unit, dan 1.014 unit truk menyeberang dari Merak menuju Bakauheni.

"Kami terus berkoordinasi dengan Bakauheni, menjaga trafik tetap lancar. Di pelabuhan kami juga koordinasi dengan pihak terminal, agar tidak terjadi penumpukan penumpang pejalan kaki. Yang penting lancar, tidak ada kendala susah sandar," tutur Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S Oetomo.

Dilaporkan, cuaca di pelabuhan Merak mengalami hujan ringan, namun tidak menganggu keamanan pelayaran.

Di lintasan Ketapang-Gilimanuk, arus penyeberangan saat ini masih mengalir, namun untuk arus balik dari Gilimanuk diperkirakan terus meningkat hingga Selasa (9/2/2016) dini hari.

Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang Wahyudi Susianto mengatakan memperkirakan kenaikan trafik di lintasan ini mencapai 15-20% saat beban puncak.

Dia mengakui walau tidak sepadat momen liburan saat Natal dan Tahun Baru, 29 kapal beroperasi maksimal di lintasan Ketapang-Gilimanuk.

Sama halnya, untuk lintasan Padang Bai - Lembar juga didominasi kenaikan trafik sepeda motor dan mobil pribadi, yang mencapai 10%. Sekitar 29 kapal melayani lintasan ini dengan maksimal.

"Produksi dan pendapatan stabil, memang ada penurunan trafik angkutan truk hingga 20%, namun mobil pribadi dan sepeda motor naik," kata Manajer Operasi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Padang Bai Wayan Rosta.

Menurutnya, penurunan jumlah pengguna jasa jenis truk dipicu putusnya Jembatan Jembrana sejak 23 Januari lalu, sehingga pengusaha mengubah penggunaan truk besar menjadi sedang. "Untuk trip memang ada penurunan, dari 24 trip menjadi 20 trip per hari.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Padang Bai-Lembar Dheny Josa mengatakan, kondisi pelabuhan diinformasikan tidak terdapat antrian, bahkan relatif sepi.

Dalam 1 hari ada 12 kapal yg beroperasi dan 24 trip penyeberangan, dengan pola sailing time 4 jam dan port time 50 menit. “Jika diambil data rata-rata angkutan Imlek 2016 tidak didapat lonjakan pengguna jasa baik pejalan kaki, sepeda motor dan roda 4,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper