Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KCIC Siapkan Pembangkit Listrik Untuk Kereta Cepat

PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC berencana menyiapkan pembangkit listrik secara mandiri untuk memasok kebutuhan listrik bagi kereta cepat Jakarta—Bandung dan pengembangan kawasan TOD.nn
Emanuel B. Caesario
Emanuel B. Caesario - Bisnis.com 02 Februari 2016  |  23:20 WIB
Kereta api cepat. - JIBI
Kereta api cepat. - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC berencana menyiapkan pembangkit listrik secara mandiri untuk memasok kebutuhan listrik bagi kereta cepat Jakarta—Bandung dan pengembangan kawasan TOD.

Direktur Utama PT Wijaya Karya Bintang Perbowo mengatakan, KCIC tengah melakukan pendekatan kepada PLN membahas rencana pembangunan pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) sebagai pemasok energi untuk operasional kereta cepat.

Menurutnya, KCIC akan membangun PLTG berkapasitas 4x25 MW. Untuk itu, pihaknya perlu memastikan kesediaan PLN untuk membeli sisa daya yang berlebih bila nantinya operasional kereta cepat membutuhkan daya yang lebih kecil dari yang disiapkan pembangkit tersebut.

Kereta cepat Jakarta—Bandung diperkirakan membutuhkan pasokan listrik sebesar 75 MW hingga 100 MW.

“Kita harus omong ke PLN untuk bentuk IPP. Kita bikin 4x25  MW pakai gas, tetapi kemungkinan butuhnya cuma 75 MW kan, sehingga ada idle 25 MW. PLN mau beli tidak? Tapi itu semua harus masuk ke jaringan PLN,” katanya kepada Bisnis.com, Selasa (2/2/2016).

Secara jangka panjang, menurutnya Wika juga berencana untuk membangun pembangkit untuk mendukung kebutuhan listrik di kota baru yang akan dibangun di keempat titik TOD.

“Kita dapat income juga dari situ. Untuk sementara belum kita detailkan rencananya, tapi itu akan dibangun bersamaan dengan infrastruktur kereta cepat. Kita akan andalkan gas dari PGN, makanya kita tanya dia ada tidak pipa gas yang ke sana. Kalau tidak ya kita beli ke PLN,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kereta Cepat
Editor : Emanuel B. Caesario

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top