Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Virtual Office, Strategi Bisnis Dukung UMKM

Virtual office saat ini menjadi hal penting bagi bisnis start up di Indonesia
Ilustrasi/bantenprov.go.id
Ilustrasi/bantenprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA Virtual Office saat ini menjadi hal yang penting bagi bisnis startup di Indonesia. Pasalnya, dengan keberadaan virtual office, pebisnis tidak perlu lagi memiliki ruang kantor dalam bentuk fisik yang terkadang cukup berat dari sisi modal.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) tegas mendukung adanya eksistensi Virtual Office di Indonesia dengan alasan bahwa pedagang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan bisnis startup pasti mati jika penyedia virtual office Indonesia tidak ada.

Kementerian terkait dan stakeholder lain seperti Perhimpunan Jasa Kantor Bersama (PERJAKBI) perlu duduk bersama dan relaksasi kebijakan ini bersama agar punya titik temu, Kota lain seperti Bandung itu malah walikotanya perbolehkan Virtual Office. Pengusaha ini perlu solusi pemerintah melalui penyediaan virtual office ini karena pengusaha pemula itu tidak bisa menyewa gedung atau ruko karena belum memiliki revenue, ujar Hari Santoso Sungkari, Deputi bidang Infrastruktur Bekraf seperti dalam keterangan media.

Bekraf menyatakan akan tetap mendukung eksistensi Virtual Office di Indonesia dan akan memberikan masukan positif kepada Kementerian terkait serta para pemangku kebijakan agar kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah dapat sejalan dengan pemerintah pusat. Sistem virtual office ini merupakan fenomena sharing economy yang menjadi trend global. Ini merupakan salah satu bentuk inovasi yg berujung pada efisiensi, karena ini yang dilihat oleh pengusaha pemula.

Presiden Joko Widodo menilai kemudahan berbisnis di Indonesia belum ada perubahan yang signifikan. Jokowi inginkan bahwa kemudahan berbisnis di Indonesia setara dengan Singapura. Pada 2015, indeks kemudahan berbisnis di Indonesia berada di peringkat 109 dari 189 negara yang disurvei. Hanya naik tipis dari peringkat 2014 yaitu 120.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper