Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAPAL TERNAK: NTT Siap Kirim Sapi

Kementerian Pertanian memastikan perbaikan tata niaga peternakan sapi antara pengusaha di NTT untuk memenuhi kebutuhan pasokan di Jakarta dengan menggunakan kapal ternak
Ternak sapi./.
Ternak sapi./.

Bisnis.com, JAKARTA- Kementerian Pertanian memastikan perbaikan tata niaga peternakan sapi antara pengusaha di NTT untuk memenuhi kebutuhan pasokan di Jakarta dengan menggunakan kapal ternak.

Kementerian Perhubungan, PT. Pelni, dan Kementerian Pertanian telah menyepakati pelayaran kembali Kapal Ternak Camara Nusantara 1 pada tanggal 2 Februari 2016 dengan rute dari Pelabuhan Tenau Kupang -Waingapu-Lembar-Bima-Tanjung Perak-Tanjung Emas-Cirebon (PP).

Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, NTT menyambut baik dan mendukung upaya Pemerintah Pusat untuk memperbaiki tata niaga peternakan utamanya sapi potong. Dalam keterangannya, para pemangku kepentingan terkait di Waingapu telah memahami dengan baik bahwa keberadaan kapal ternak adalah wujud program toll laut dari Presiden Jokowi.

"Berdasarkan identifikasi yang telah dilakukan, ketersediaan sapi potong di Provinsi NTT cukup banyak untuk dapat memenuhi angkutan kapal khusus ternak, dan telah ada kesepakatan dengan para peternak untuk dapat menyiapkan ternaknya," demikian keterangan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Kementerian Pertanian Fini Murfian, Jumat (22/1/2016).

Prosedur yang perlu ditaati pengguna kapal harus mengisi Shipping Instruction yang memuat data dan informasi tentang pemilik atau penjual sapi, dan jumlah sapi yang akan dikapalkan. Selain itu memuat pula informasi tentang bobot hidup sapi, harga per kilogram saat masih hidup, pelabuhan tujuan, pembeli dan data lain yang diperlukan sebagai salah satu dokumen dalam manifest kapal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper