Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Surya Semesta (SSIA) Cari Mitra Bangun Perkantoran

Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 06 Januari 2016  |  01:00 WIB
Surya Semesta (SSIA) Cari Mitra Bangun Perkantoran
Ilustasi kegiatan konstruksi di Jakarta. - Reuters/Garry Lotulung
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- PT Surya Semesta Internusa Tbk tengah mencari mitra untuk membangun SSI Tower, gedung perkantoran Grade A di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Head of Investor Relation Surya Semesta, Erlin Budiman, mengatakan pembangunan SSI Tower akan menunjang pendapatan berulang perseroan dalam jangka panjang. Pasalnya, seluruh ruang kantor di SSI Tower akan disewakan dantidak untuk dijual atau strata.

"Tadinya kita 100%, tapi dengan JV [joint venture] kita maintain [porsi saham] di 60%," ujarnya kepada Bisnis.com di Jakarta, Selasa (5/1/2015).

Dia mengimbuhkan, perseroan akan segera memulai pemancangan tiang perdana begitu mendapat mitra. Adapun, lahan yang akan digarap mencapai 23.503 m2 dan berada di samping Hotel Gran Melia yang juga dimiliki oleh perseroan.

Sebelumnya, di atas lahan tersebut berdiri Surya Semesta Plaza. Gedung tersebut sudah dirubuhkan untuk disulap menjadi SSI Tower. Erlin mengatakan, perseroan juga mengkaji perubahan desain.

Saat ini, Surya Semesta melalui anak usahanya, PT TCP Internusa telah mendapat izin pembangunan dengan koefisien luas bangunan (KLB) 6,5. Ini memungkinkan SSI Tower dibangun setinggi 39 lantai. "KLB masih memungkinkan untuk dinaikkan, investasinya pun bisa berubah," ujar Erlin.

Dia menerangkan, investasi pembangunan SSI Tower mencapai US$150 juta atau menyentuh angka Rp2 triliun. Adapun estimasi waktu konstruksi diperkirakan mencapai 3-4 tahun atau rampung pada 2020.

Erlin optimistis SSI Tower akan bisa menjadi kontributor perolehan pendapatan dalam jangka panjang kendati pasar perkantoran di Jakarta dibayangi tingkat kekosongan yang tinggi hingga 2019."Kita lihat ada sinergi dengan hotel, rentalnya gak setinggi d Sudirman tapi masih dalam segitita emas [kawasan pusat bisnis],"ujarnya.

Hingga September 2015, pendapatan berulang Surya Semesta dari hotel, sewa, parkir, dan perawatan mencapai Rp676.14 miliar. Sejumlah portofolio penyumbang pendapatan berulang antara lain Glodok Plaza, Graha Surya Internusa, Gran Melia Hote, Banyak Tree Resort, dan Batiqa Hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surya semesta internusa
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top