Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fasilitas Gardu Tol Otomatis Tangerang-Merak Percepat Laju Kendaraan

fasilitas layanan MMS lainnya, yaitu Automatic Vehicle Classification (AVC) atau Gardu Tol Otomatis (GTO) entrance multi golongan dengan berbasis sensor treadle dan overhang akan membantu pengguna jalan yang melewati jalan tol Tangerang-Merak lebih cepat, karena mampu mengeluarkan kartu tanda masuk tol secara otomatis sesuai jenis golongan kendaraan.
Survei MMS/dokumentasi
Survei MMS/dokumentasi

Bisnis.com, JAKARTA--Fasilitas layanan MMS lainnya, yaitu Automatic Vehicle Classification (AVC) atau Gardu Tol Otomatis (GTO) entrance multi golongan dengan berbasis sensor treadle dan overhang akan membantu pengguna jalan yang melewati jalan tol Tangerang-Merak lebih cepat, karena mampu mengeluarkan kartu tanda masuk tol secara otomatis sesuai jenis golongan kendaraan.

AVC sendiri merupakan sistem teknologi baru yang mempunyai fungsi utama sebagai alat untuk mendeteksi secara otomatis kelima jenis golongan kendaraan yang melewati gardu tol. Dalam aplikasinya teknologi ini tidak membutuhkan petugas tol seperti pada gardu manual. Secara otomatis sistem ini akan mengenali klasifikasi golongan kendaraan sehingga dapat memberikan informasi dari mana kendaraan tersebut masuk atau keluar serta besaran tarif sesuai dengan klasifikasi golongan tersebut. Karena itu, MMS dinilai menjadi pelopor teknologi AVC Multi golongan pada sistem tol tertutup.

Selain itu, fasilitas layanan MMS lainnya tetap akan dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan pada saat libur panjang ini, yaitu:12 (dua belas) unit kendaraan Derek Gratis hingga gerbang tol terdekat, 8 unit kendaraan Patroli, 6 unit kendaraan patroli PJR, 4 unit kendaraan Ambulance dan 3 unit kendaraan Rescue termasuk 1 unit dengan kemampuan mengangkat beban hingga 35 Ton, 1 unit kendaraan Sky lift, 2 unit kendaraan crane serta 2 unit kendaraan Water Tank; 2. 9 (sembilan) unit Variable Message Sign (VMS) yang terpasang pada jalur utama di sepanjang tol Tangerang-Merak

Selain itu, MMS bekerjasama dengan Otoritas Pelabuhan Penyebrangan (OPP) Merak memasang 2 unit VMS di KM 37+000 dan KM 66+000 arah Merak khusus untuk memberikan informasi tentang situasi lalulintas di sekitar Pelabuhan Merak. Mobile VMS juga terpasang pada 2 unit kendaraan layanan lalu lintas MMS yang dapat menampilkan informasi seputar kondisi lalu lintas Tol Tangerang-Merak khususnya pada saat keadaan darurat.

Kemudian, 25 (dua puluh lima) unit kamera pemantau jalur (CCTV) terpasang di beberapa lokasi di sepanjang jalan tol Tangerang-Merak untuk lebih meningkatkan kecepatan dan ketepatan petugas jalan tol dalam memberikan layanan. Direktorat Lalu Lintas (Dir-lantas) Polda Banten juga telah memasang dan memfungsikan CCTV di empat titik di antaranya, di pos lantas dekat pintu Tol Serang Timur, dekat pintu Tol Merak di Kelurahan Gerem, Kota Cilegon, dekat pintu Tol Cikupa, dan pintu Tol Serang Barat;

Layanan Informasi 24 Jam (Call Center) MMS di nomor telepon 0254-20 78 78, Bebas Pulsa 0-8001-77-78-79, SMS 0818-0808-5500 dan e-mail [email protected] serta di twitter @tol_mms dan website MMS www.margamandala.co.id, yang siap melayani pengguna jalan tol Tangerang-Merak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper