Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Libur Tahun Baru 2016, Tol Merak Antisipasi Kepadatan

PT Marga Mandalasakti, operator tol Tangerang—Merak, menyiapkan sejumlah antisipasi terhadap peningkatan arus kendaraan selama musik libur Natal dan Tahun Baru.

Bisnis.com, TANGERANG—PT Marga Mandalasakti, operator tol Tangerang—Merak, menyiapkan sejumlah antisipasi terhadap peningkatan arus kendaraan selama musik libur Natal dan Tahun Baru.

Manajer Pelayanan Lalu Lintas dan Informasi Operasional PT MMS Rakhmatullah mengatakan, kondisi arus lalu lintas pada libur Natal memang mengalami peningkatan sejak tanggal 23 Desember 2015.

Namun, peningkatannya tidak begitu signifikan jika dibandingkan lonjakan kendaraan pada libur Lebaran. Adapun lalu lintas harian rata-rata di tol Tangerang-Merak pada libur kali ini mencapai 140.000 kendaraan per hari.

Traffic pada Natal dan Tahun Baru ini berbeda dengan lalu lintas Idul Fitri. Peningkatan pada libur Natal  hanya sekitar 20-25% karena tujuan mereka hanya berlibur, bukan mudik seperti pada perayaan hari raya Lebaran,” katanya melalui siaran pers, Selasa (29/12).

Meski demikian, menurutnya MMS tetap mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan yang tinggi melalui rekayasa lalu lintas. Rekayasa lalin tersebut pun bersifat situasional, karena lonjakan arus kendaraan pada libur panjang kali ini diprediksi tidak terlalu signifikan.

“Rekayasa lalu lintas ini bersifat situasional. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di akses Cilegon Barat, maka dimungkinkan untuk dilakukan rekayasa lalu lintas dengan cara mengalihkan kendaraan yang dari atau menuju ke arah Anyer melalui Gerbang Tol Merak,” katanya.

Kecenderungan trend lalu lintas hingga saat ini terpantau normal. Nampak orang yang berniat akan ke Anyer lebih memilih melalui Gerbang Tol Cilegon Timur kemudian melalui jalan lingkar selatan Cilegon.

Selain rekayasa lalu lintas, untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang menuju Anyer, MMS juga siaga untuk membuka gerbang tol keluar sebagai prioritas agar tak menjadi penumpukan kendaraan di depan gerbang tol.

Sementara itu, fasilitas layanan MMS lainnya, yaitu Automatic Vehicle Classification (AVC) atau Gardu Tol Otomatis (GTO) entrance multi golongan dengan berbasis sensor treadle dan overhang akan membantu pengguna jalan yang melewati jalan tol Tangerang-Merak lebih cepat.

AVC sendiri merupakan sistem teknologi baru yang mempunyai fungsi utama sebagai alat untuk mendeteksi secara otomatis kelima jenis golongan kendaraan yang melewati gardu tol.

Fasilitas tersebut mampu mengeluarkan kartu tanda masuk tol secara otomatis sesuai jenis golongan kendaraan.

Dalam aplikasinya teknologi ini tidak membutuhkan petugas tol seperti pada gardu manual. Secara otomatis sistem ini akan mengenali klasifikasi golongan kendaraan sehingga dapat memberikan informasi dari mana kendaraan tersebut masuk atau keluar serta besaran tarif sesuai dengan klasifikasi golongan tersebut.

“Selain itu, fasilitas layanan MMS lainnya tetap akan dioptimalkan untuk memberikan layanan terbaik kepada pengguna jalan saat libur panjang ini,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper