Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shoichiro Toyoda, Bos Toyota Motors Terima Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama

Mereka datang untuk menghadiri seremoni penganugerahan Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Indonesia kepada saah satu bos Toyota Motors Corporation (TMC) yakni Shoichiro Toyoda.
Honorary Chairman TMC Shoichiro Toyoda (tengah). Shoichiro adalah generasi ketiga dari pendiri raksasa otomotif Jepang tersebut. /Bisnis.com
Honorary Chairman TMC Shoichiro Toyoda (tengah). Shoichiro adalah generasi ketiga dari pendiri raksasa otomotif Jepang tersebut. /Bisnis.com

Bisnis.com, TOKYO — Sore hari ini, Selasa (15/12/2015), Kedutaan Besar RI di Tokyo terlihat semarak dan meriah. Selain para pejabat KBRI, di sana terlihat banyak tamu, yang sebagian besar merupakan para petinggi Toyota Motors Corporation, Jepang.

Sejumlah petinggi Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan Toyota Astra Motor (TAM), Jakarta, juga hadir a.l. Masahiro Nonami, Hiroyuki Fukui, Johnny Darmawan, dan I Mada Dana Tangkas.

Pengusaha Nasional Rachmat Gobel yang juga Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Jepang (PPIJ) juga terlihat sebagai salah satu undangan.

Mereka datang untuk menghadiri seremoni penganugerahan Penghargaan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Indonesia kepada salah satu bos Toyota Motors Corporation (TMC) yakni Shoichiro Toyoda. Dia adalah  Honorary Chairman TMC yang juga generasi ketiga dari pendiri raksasa otomotif Jepang tersebut.

Bintang Jasa Utama dari pemerintah Republik Indonesia itu diserahkan oleh Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra pada hari ini Selasa (15/12/2015) di Tokyo, Jepang. Shoichiro Toyoda merupakan salah satu dari 13 penerima Bintang Jasa Utama berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Joko Widodo tertanggal 7 Agustus 2015.

Sejak bergabung di TMC pada Juli 1945, Toyoda memiliki fokus besar pada pengembangan teknologi otomotif, pengendalian kualitas dan manajemen pabrik. Dia pernah menjabat selama 10 tahun sebagai President TMC, dan kemudian menduduki posisi Chairman of The Board (1992-1999), sebelumnya akhirnya menjabat Honorary  Chairman hingga sekarang.

Pria kelahiran 27 Februari 1925 itu dianggap memiliki jasa yang besar dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian Indonesia, khususnya melalui pengembangan industri otomotif di Tanah Air, yang dimulai sejak 1971. Medali kehormatan itu diberikan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 84/TK/TAHUN 2015 tanggal 7 Agustus 2015.

Duta Besar RI untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra dalam pidato penganugerahan medali kehormatan tersebut mengatakan perkembangan industri otomotif di Indonesia dan hubungan persahabatan Indonesia-Jepang saat ini tidak lepas dari peran besar Shoichiro Toyoda.

“Di bawah kepemimpinan Shoichiro Toyoda, Toyota sebagai perusahaan otomotif besar dunia telah melakukan investasi yang sangat besar di Indonesia, sehingga memberikan kontribusi signifikan dalam penciptaan lapangan kerja, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Shoichiro Toyoda mengatakan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Utama tersebut merupakan suatu kehormatan tidak saja secara pribadi tetapi juga TMC. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Chamdan Purwoko
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper