Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WAPRES JK: Laut Sumber Kemakmuran Bagi Rakyat

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, laut akan menjadi sumber kemakmuran bagi semua rakyat Indonesia apabila dapat dijaga dengan baik
Wapres Jusuf Kalla. / Antara
Wapres Jusuf Kalla. / Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, laut akan menjadi sumber kemakmuran bagi semua rakyat Indonesia apabila dapat dijaga dengan baik.

"Marilah kita semua mensyukuri nikmat Allah SWT atas kekayaan dan rezeki. Tanpa syukur dan upaya serta doa kita semua laut akan menjadi marabahaya tapi apabila kita dapat menjaganya dengan baik laut akan menjadi sumber kemakmuran," kata Wapres di Banda Aceh, seperti dikutip Antara, Minggu (13/12/2015).

Wapres menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara 2015 yang dipusatkan di Pelabuhan Lampulo Kota Banda Aceh. Selain itu Wapres juga meninjau pameran dan makan siang bersama para nelayan dan anak yatim korban tsunami pada acara Khanduri Laot.

Wapres juga mengajak semua pihak untuk berusaha sekeras-kerasnya memajukan bangsa dari segi kelautan.

Dia mengatakan peringatan Hari Nusantara merupakan awal dari kemajuan kemaritiman. Deklarasi Juanda yang sempat dibacakan pada awal acara menggambarkan tekad untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memajukan bangsa dari darat dan laut.

"Kalau dulu kita diajarkan bahwa Sumatera dan Jawa dipisahkan oleh Selat Sunda, Kalimantan dan Sulawesi oleh Selatan Makassar, maka dewasa tentu ini kita harus menyatakan Jawa dan Sumatera disatukan oleh Selat Sunda, Jawa dan Kalimantan disatukan oleh laut Jawa," tukasnya.

Hal tersebut harus disadari karena laut bukan memisahkan, tapi menyatukan bangsa dan Hari Nusantara untuk mengayakan kekuatan maritim sebagai sumber kekuatan bangsa.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, kelautan bukan hanya menghubungkan pulau dengan pulau tapi mempunyai sumber kekayaan yang besar, karena itu perlu tekad dan ilmu pengetahuan untuk mengeksplorasi kekuatan dan kekayaan alam yang ada.

Karena itu, pemerintah bertekad untuk mengatasi masalah kelautan termasuk menertibkan secara hukum pengelolaan perikanan secara ilegal sebagai bagian dari kedaulatan bangsa.

"Tanpa kedaulatan di maritim tentu kekayaan itu tidak kita dapatkan untuk kesejahteraan kita semua. Begitu juga sumber mineral dikelautan," tuturnya.

Indonesia sebagai negara maritim yang besar pasti mempunyai sumber mineral yang besar baik gas bumi maupun minyak menjadi bagian dari kekayaan negeri yang harus dikelola sebaik-baiknya, jelas Wapres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper