Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WAPRES JK: Laut Sumber Kemakmuran Bagi Rakyat

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, laut akan menjadi sumber kemakmuran bagi semua rakyat Indonesia apabila dapat dijaga dengan baik
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Desember 2015  |  18:02 WIB
Wapres Jusuf Kalla.  -  Antara
Wapres Jusuf Kalla. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, laut akan menjadi sumber kemakmuran bagi semua rakyat Indonesia apabila dapat dijaga dengan baik.

"Marilah kita semua mensyukuri nikmat Allah SWT atas kekayaan dan rezeki. Tanpa syukur dan upaya serta doa kita semua laut akan menjadi marabahaya tapi apabila kita dapat menjaganya dengan baik laut akan menjadi sumber kemakmuran," kata Wapres di Banda Aceh, seperti dikutip Antara, Minggu (13/12/2015).

Wapres menghadiri puncak peringatan Hari Nusantara 2015 yang dipusatkan di Pelabuhan Lampulo Kota Banda Aceh. Selain itu Wapres juga meninjau pameran dan makan siang bersama para nelayan dan anak yatim korban tsunami pada acara Khanduri Laot.

Wapres juga mengajak semua pihak untuk berusaha sekeras-kerasnya memajukan bangsa dari segi kelautan.

Dia mengatakan peringatan Hari Nusantara merupakan awal dari kemajuan kemaritiman. Deklarasi Juanda yang sempat dibacakan pada awal acara menggambarkan tekad untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memajukan bangsa dari darat dan laut.

"Kalau dulu kita diajarkan bahwa Sumatera dan Jawa dipisahkan oleh Selat Sunda, Kalimantan dan Sulawesi oleh Selatan Makassar, maka dewasa tentu ini kita harus menyatakan Jawa dan Sumatera disatukan oleh Selat Sunda, Jawa dan Kalimantan disatukan oleh laut Jawa," tukasnya.

Hal tersebut harus disadari karena laut bukan memisahkan, tapi menyatukan bangsa dan Hari Nusantara untuk mengayakan kekuatan maritim sebagai sumber kekuatan bangsa.

Lebih lanjut Wapres mengatakan, kelautan bukan hanya menghubungkan pulau dengan pulau tapi mempunyai sumber kekayaan yang besar, karena itu perlu tekad dan ilmu pengetahuan untuk mengeksplorasi kekuatan dan kekayaan alam yang ada.

Karena itu, pemerintah bertekad untuk mengatasi masalah kelautan termasuk menertibkan secara hukum pengelolaan perikanan secara ilegal sebagai bagian dari kedaulatan bangsa.

"Tanpa kedaulatan di maritim tentu kekayaan itu tidak kita dapatkan untuk kesejahteraan kita semua. Begitu juga sumber mineral dikelautan," tuturnya.

Indonesia sebagai negara maritim yang besar pasti mempunyai sumber mineral yang besar baik gas bumi maupun minyak menjadi bagian dari kekayaan negeri yang harus dikelola sebaik-baiknya, jelas Wapres.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wapres
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top