Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah RI Kawal Kerja Sama Kupang-Dili-Darwin

Kedutaan Besar Indonesia siap mengkawal perkembangan kerja sama trilateral Timor Leste, Indonesia dan Australia yang mencakup aspek ekonomi, sosial dan budaya.
Proyek Pembangunan Jalan/Ilustrasi
Proyek Pembangunan Jalan/Ilustrasi

Bisnis.com, DILI TIMOR LESTE-Kedutaan Besar Indonesia siap mengkawal perkembangan kerja sama trilateral Timor Leste, Indonesia dan Australia yang mencakup aspek ekonomi, sosial dan budaya.

Primanto Hendrasmoro, Duta Besar Indonesia untuk Timor Leste, mengatakan rencana kongkrit dari kerja sama trilateral yang dirintis sejak 2014 untuk saling mendukung dalam mendrong laju pertumbuhan perekonomian.

“Ketiga negara siap untuk saling mendukung dalam mendrong laju pertumbuhan perekonomian, terutama di wilayah perbatasan negara itu,” katanya, Jumat (6/11/2015)

Menurutnya, di antara dukungan yang segera direalisasikan oleh Timor Leste dan Indonesia, sebagai dua negara yang berbatasan darat, yakni memperbaiki dan meningkatkan kualitas infrastruktur untuk jalan darat, laut dan udara.  

Sementara itu Ketua Kadin Timor Leste, Oscar Lima, mengatakan peluang investasi dan kerja sama di berbagai sektor di Timor Leste sangat terbuka luas bagi kalangan dunia usaha dari negara mana pun, terutama Indonesia dan Australia.

“Peluang bisnis dan investasi sangat terbuka luas di Timor Leste, dengan dukungan pemerintah yang terus melakukan pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur yang ada,” tegasnya.

Abraham Paul Liyanto, Ketua Kadin Indonesia, mengatakan forum kerja sama trilateral agar segera membentuk working group, kawasan perdagangan bebas dan bebas visa di 3 negara yang saling bertenangga.

Menurutnya working group segera dibentuk dan dilegalkan di masing-masing negara sehingga keputusan yang dibuat dapat menjadi rekomendasi untuk disampaikan ke tingkat menteri dan presiden.

“Dari working group bisa pakai rekomendasi ke menteri, presiden dan sebagainya, baik di Indonesia, maupun Timor Leste dan Australia,” katanya pada acara Trilateral Business Forum Timor Leste, Indonesia, Australia di Dili pada 5-6 November 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper