Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan UKM Padati Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri

Puncak Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPN dan PPDN) resmi dibuka hari ini di Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (5/11/2015).n
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Puncak Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPN dan PPDN) resmi dibuka hari ini di Lapangan Banteng, Jakarta, Kamis (5/11/2015).

Tahun ini pameran diikuti sekitar 280 peserta UKM dari 34 provinsi, termasuk pelaku usaha binaan Dinas Perdagangan DKI Jakarta yang telah diseleksi, serta dari sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia.

PPN nasional yang tahun ini menginjak penyelenggaraan ke-10, diramaikan 133 stan yang menampilkan produk-produk dalam negeri berupa makanan minuman serta buah lokal yang segar, pangan olahan, kuliner khas nusantara, spa, kosmetik, jamu, serta produk kopi dan teh Nusantara.

Sementara itu, PPDN nasional yang menginjak tahun ke-4 akan diramaikan 142 stan yang menampilkan produk-produk dalam negeri berupa produk kulit, alas kaki, aksesori, furnitur, alat-alat rumah tangga,serta fesyen dan kain.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan mini stan tematik juga akan hadir di arena PPN. Produk jamu tradisional beserta pangan buah dan sayur lokal akan ditampilkan di sana.

“Di stan tematik PPN pengunjung bisa minum jamu gratis. Kemudian, sebagai bentuk dorongan dan fasilitasi, Kemendag akan memberikan bantuan sarana usaha dagang berupa 100 unit sepeda jamu kepada pedagang jamu di wilayah Jabodetabek,” ungkap Srie.

Tak ketinggalan, arena PPDN juga akan menampilkan stan tematik beragam jenis kopi nusantara, yakni arabika, excelsa, dan robusta berbagai merek dan jenis ditampilkan. Ada kopi Gayo, Mandailing, Bali, Jawa, serta jenis specialty arabika, yaitu kopi Luwak.

Hal menarik lainnya yang dihadirkan yaitu stan hidroponik yang akan mempertunjukkan cara/sistem penanaman hidroponik, serta berbagai bibit tanaman bermanfaat. Ada pula area pameran yang menampilkan dokumentasi kilas balik perjalanan pameran selama satu dekade pelaksanaan.

Selama 2015, Ditjen PDN Kemendag telah melaksanakan secara sinergis/kolaborasi PPN-PPDN tingkat regional di 3 kota, yaitu Gorontalo (31 Mei-3 Juni), Surakarta (5-8 Agustus), dan Bukittinggi (10-13 September).

Telah pula dilakukan Forum Dagang/Misi Dagang Lokal yang mempertemukan pelaku UMKM dari berbagai provinsi (business matching) sehingga terjalin hubungan dagang lintas provinsi dalam rangka meningkatkan transaksi domestik. Pelaksanaan Forum Dagang tahun ini di Surakarta dan Bukittinggi telah mencatat kontrak antar-UMKM sebesar Rp 192,5 miliar dengan komoditas beras, sapi, kopi, jahe gajah, pala, rumput laut, serta aneka macam buah dan sayur.

“Semoga UMKM antarprovinsi dapat meningkatkan jejaring kerja/networking pemasarannya sehingga dapat meningkatkan transaksi domestik,” harap Srie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper