Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kalstar Peroleh Izin Terbang ke Tabalong

Kalstar Aviation ditunggu untuk segera mengoperasikan pesawatnya setelah terbitnya izin penerbangan maskapai ini ke Kabupaten Tabalong.
Pesawat Kalstar/www.planespotters.net
Pesawat Kalstar/www.planespotters.net

Bisnis.com, TANJUNG - Kalstar Aviation ditunggu untuk segera mengoperasikan pesawatnya setelah terbitnya izin penerbangan maskapai ini ke Kabupaten Tabalong.

Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan izin penerbangan maskapai Kalstar Aviation untuk rute Kabupaten Tabalong-Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dengan begitu,  bandar udara di 'Bumi Saraba Kawa' ini segera dapat dioperasikan.

Kepala UPT Bandar Udara Warukin, Ady Fajar, di Tanjung, Jumat (30/10/2015), mengatakan, saat ini tinggal menunggu kesiapan pihak maskapai penerbangan untuk mengoperasikan bandar udara satu-satunya di Banua Lima ini.

"Izin rute penerbangan untuk Kalstar Aviation dari Kementerian Perhubungan sudah keluar dengan tujuan Tanjung-Banjarmasin, selanjutnya tinggal menunggu kesiapan maskapai untuk bisa mengaktifkan bandara Warukin," jelas Ady.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tabalong menargetkan September 2015 bandar udara Warukin dapat dioperasikan dengan rute penerbangan Tanjung-Banjarmasin dan Tanjung-Balikpapan namun terkendala izin rute dari Kementerian Perhubungan.

Fasilitas bandara seperti X-Ray Bagasi dan alat pendeteksi orang dan barang Walk Through Metal Detector (WTMD) sudah disiapkan termasuk kegiatan penambalan landasan pacu.

Menurut Ady, Bandara Warikin dengan landasan pacu sepanjang 1.400 meter sudah siap digunakan untuk operasional pesawat ATR 42 hingga ATR 72.

Dengan adanya rute penerbangan baru dari Kalstar Aviation ini nanti akan menjadi titik awal Bandara Warukin sebagai bandara umum.

"Kegiatan penambalan landasan pacu sudah dilakukan oleh PT Adaro Indonesia termasuk perbaikan pagar dan jalan samping ke Desa Rintis oleh PT Pertamina," katanya.

Bandara Warukin sebelumnya berstatus sebagai bandara khusus dikelola oleh PT Adaro Indonesia selaku operator.

Sejak Desember 2014 bersamaan dengan hari jadi ke-49 Kabupaten Tabalong, Bandara Warukin berubah menjadi bandara umum yang dikelola pemerintah kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper