Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REI Bangun 5.000 Rumah Tapak Sejahtera

Real Estate Indonesia (REI) Sumatra Utara (Sumut) mencatatkan sekurangnya telah membangun 5.000 rumah sejahtera tapak hingga pertengahan Oktober 2015.
Rumah Tapak. /Bisnis.com
Rumah Tapak. /Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN--Real Estate Indonesia (REI) Sumatra Utara (Sumut) mencatatkan sekurangnya telah membangun 5.000 rumah sejahtera tapak hingga pertengahan Oktober 2015.

Ketua REI Sumut Umar Husin mengatakan target pembangunan rumah sejahtera tapak (RST) untuk masyarakat  berpenghasilan rendah hingga akhir tahun ditargetkan sebanyak 7.500 rumah.

"Berarti realisasi sampai Oktober sudah sekitar 70%," katanya pada Bisnis, Jumat (23/10/2015).

Dia mengatakan daerah yang menjadi sasaran pembangunan rumah sejahtera tapak adalah Deliserdang, Binjai, Rantau Prapat dan juga Nias. Umar juga tak menampik bahwa pembangunan rumah tersebut dilakukan di 32 kabupaten/kota.

Menurutnya, pembangunan RST tersebut tidak dilakukan di  Kota Medan karena ada peraturan yang dirilis kementerian pada tahun silam yang menegaskan bahwa pada kota-kota tertentu, khususnya yang mencatatkan harga tanah mahal maka pembangunan rumah harus vertikal.

Umar menyebutkan, 65% anggota REI Sumut saat ini menggarap RST. Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan Sumut mampu menyediakan total 16.305 rumah subsidi sejahtera tapak.

Dia menuturkan beberapa kebijakan pendukung menjadikan RST sangat diminati dan berpotensi menjadi pendongkrak utama pertumbuhan properti di Sumut. Beberapa di antaranya yakni penurunan bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari 7,25% menjadi 5%, PPh 1% dan penghapusan PPn.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper