Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bidik 3 Unit Pengantongan Semen Baru, Tonasa Tunggu Pasar

PT Semen Tonasa selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. berencana menambah Unit Pengantongan Semen di tiga daerah yaitu Gorontalo, Ternate Maluku Utara, dan Bontang Kalimantan Timur.

Bisnis.com, MAKASSAR—PT Semen Tonasa selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. berencana menambah Unit Pengantongan Semen di tiga daerah yaitu Gorontalo, Ternate Maluku Utara, dan Bontang Kalimantan Timur.

Sekretaris Perusahaan Semen Tonasa M. Arifin mengatakan pembangunan ketiga unit pengantongan semen (UPS)/packing plant ditargetkan dapat dimulai pada awal 2016.

Namun, pihaknya terlebih dahulu akan melihat kondisi pasar sebelum merealisasikan pembangunan ketiga UPS tersebut.

“Kita sudah buat fs-nya (feasibility study/studi kelayakan), lahan juga sudah siap, tinggal dibangun saja. Namun, kita harus lihat potensi pasar terlebih dahulu, karenakami masih khawatir terhadap kondisi perlambatan ekonomi,” kata Arifin kepada Bisnis, Kamis (22/10/2015).
 
Meskipun demikian, dia menegaskan apabila permintaan terhadap produknya cukup tinggi di ketiga daerah tersebut, maka tidak menutup kemungkinan rencana penambahan UPS baru bakal direalisasikan sesuai target awal yaitu pada 2016 dan diharapkan dapat beroperasi pada 2018.

Untuk merealisasikan rencana penambahan UPS, imbuhnya, saat ini perusahaan tengah melakukan persiapan dan penghitungan anggaran.

Namun, dia mengungkapkan rata-rata kebutuhan investasi untuk pembangunan UPS mencapai sekitar Rp65 miliar-Rp100 miliar.

Menurutnya, dalam merealisasikan pembangunan UPS, perusahaan tidak sembarangan dalam menentukan lokasi pembangunan, melainkan terdapat kriteria utama yang harus terpenuhi yaitu jumlah penjualan Semen Tonasa di wilayah tersebut harus mencapai 15.000 ton/hari.
 
Sebelumnya, Direktur Utama Semen Tonasa Andi Unggul Attas mengatakan perusahaannya telah memiliki 10 UPS yang tersebar di Kawasan Timur Indonesia (KTI) sebagai areal pemasarannya.

Ke-10 UPS tersebut antara lain adalah UPS Makassar, UPS Bitung, UPS Palu, UPS Sorong, UPS Ambon, UPS Samarinda. Kemudian, UPS Celukan Bawang Bali, UPS Banjarmasin, UPS Lapuko kendari dan UPS Mamuju.
 
Dia mengungkapkan, selain memiliki sepuluh UPS yang tersebar di KTI, pada awal tahun depan Tonasa juga akan memiliki UPS di negeri tetangga yaitu Timor Leste.

Pembangunan UPS tersebut bertujuan untuk memenuhi tingginya permintaan terhadap Semen Tonasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper