Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Organda DKI Siap Ubah Rute Bus ke Terminal Tipe A, Ini Syaratnya

Organda DKI Jakarta menilai pemerintah harus menyiapkan kemudahan akses menuju terminal yang mayoritas sulit dijangkau.
Bus AKAP di sebuah terminal. /Antara
Bus AKAP di sebuah terminal. /Antara
Bisnis.com, JAKARTA -- Organda DKI Jakarta menilai pemerintah harus menyiapkan kemudahan akses menuju terminal yang mayoritas sulit dijangkau. Ketua Organda DPD DKI Jakarta Shafruan Sinungan mengaku siap untuk melakukan re-routing atau perubahan rute dengan menambahkan tujuan pemberhentian terminal tipe A.
 
Disisi lain, dia berharap pemerintah pusat membantu kemudahan pengadaan armada baru untuk menunjang kebutuhan masyarakat menuju terminal bus AKAP.
 
"Kita diberikan bunga khusus yang murah dari bank dan jangka waktu kreditnya juga panjang," ujarnya, Senin (28/9/2015).
 
Lebih lanjut, dia menyetujui langkah Kemenhub untuk mewajibkan aktivitas penumpang di terminal karena keberadaan terminal bayangan sudah menganggu lalu lintas jalan yang mengakibatkan kemacetan.
 
Sementara itu, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono menegaskan pihaknya akan menempatkan personel dari Direktur Keselamatan Transportasi di setiap terminal tipe A yang menjadi kewenangan pusat.
 
"Personel itu akan meneliti bus yang keluar dari terminal untuk mengangkut penumpang itu yang betul-betul memenuhi standar keselamatan," ucapnya.
 
Selain itu, perusahaan otobus diwajibkan memiliki garasi untuk bus dan memberangkatkan serta menurunkan penumpang di terminal. Dia berjanji akan meluaskan kapasitas terminal sehingga bus dapat terakomodir dengan baik.
 
"Jadi mungkin size terminal akan kita sesuaikan kebutuhannya. Sekarang memang luas, tapi nanti kita sesuaikan," katanya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper