Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelindo III Siapkan Operator Container Crane Bersertifikat

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyelenggarakan pelatihan sertifikasi operator CC (Container Crane) guna melisensi pegawai perusahaan di Banjarmasin.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 28 September 2015  |  16:59 WIB
Pelindo III Siapkan Operator Container Crane Bersertifikat
Ilustrasi: Seorang petugas melakukan pengawasan di bawah crane Ship To Shore (STS) di Terminal Laut Teluk Lamong, Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/5). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyelenggarakan pelatihan sertifikasi operator CC (Container Crane) guna melisensi pegawai perusahaan di Banjarmasin.

Hermani Gunawan, Manager Terminal Peti Kemas Pelindo III Cabang Banjarmasin, mengatakan keterampilan khusus sudah menjadi kewajiban yang dimilki oleh operator dan menjadi hal penting jika dilengkapi dengan Surat Izin Operator (SIO).

“Dengan kepemilikan SIO akan lebih meningkatkan kedisiplinan dan mempunyai rasa tanggungjawab (responsibilty) dalam mengoperasikan crane di area Terminal Petikemas Banjarmasin”, kata Hermani, dalam rilis perusahaan, Senin (28/9/2015).

Pelatihan sertifikasi dilakukan selama 5 hari, terhitung tanggal 28 september hingga 2 Oktober 2015.

Dalam menerapkan pelatihan ini, Pelindo III berpegang pada peraturan Menteri Tenaga Kerja RI No. Per.01/MEN/1989 tentang kualifikasi dan syarat-syarat operator crane yang menjelaskan bahwa operator merupakan tenaga kerja dengan kemampuan dan keterampilan khusus dalam pengoperasian crane.

Hasna Rief K., Manager SDM dan Umum Pelindo Cabang Banjarmasin, menjelaskan dalam sebuah tim crane operator diperlukan manajemen yang menjamin konsistensi pemahaman dan pengertian tentang persyaratan keselamatan dan kesehatan kerja crane operator.

Untuk itu, setiap crane operator harus memiliki sertifikat yang diperoleh melalui pelatihan. Perlu diketahui, pelatihan ini bertujuan penyeragaman dan penyesuaian pelaksanaan pembinaan dan pengujian lisensi K3 bagi operator container crane.

Dalam pelatihan ini, pada hari pertama, peserta mendapat paparan mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam mengoperasikan crane sehingga operator akan bertanggungjawab dan lebih berdisiplin.

Selain itu, operator akan lebih memahami serta mengerti persyaratan keselamatan & kesehatan kerja (K3) dalam mengoperasikan crane yang lebih efisien, produktif, dan aman.

Pelindo III berharap para operator dapat mengaplikasikan ilmu serta pengetahuan sebaik-baiknya di lingkungan kerja sehingga memberikan peningkatan kinerja bongkar muat di Pelabuhan Banjarmasin selepas dari pelatihan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo iii sertifikasi
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top