Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelindo III Datangkan 4 Unit Alat Bongkar Muat

PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mendatangkan tambahan peralatan bongkar muat guna menekan waktu proses bongkar muat barang pelabuhan yang dikelola perusahaan.
Peti kemas/Bisnis.com
Peti kemas/Bisnis.com

Bisnis.com, SURBAYA– PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III mendatangkan tambahan peralatan bongkar muat guna menekan waktu proses bongkar muat barang pelabuhan yang dikelola perusahaan.

Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III  Husein Latief mengatakan peralatan bongkar muat tersebut a.l. dua unit unit Grab Ship Unloader (GSU) di Terminal Teluk Lamong dan dua unit Ship to Shore (STS) Crane untuk Terminal Nilam, Pelabuhan Tanjung Perak.

“Peralatan yang tiba pada hari Sabtu (19/9) kemarin merupakan fasilitas bongkar muat utama yang didatangkan untuk mempercepat kinerja bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya”, kata Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Pelindo III Husein Latief dalam rilis, Rabu (23/09/2016).

Menurut Husein, Grab Ship Unloader yang akan difungsikan untuk bongkar muat curah kering sudah sesuai dengan konsep terminal ramah lingkungan di Terminal Teluk Lamong karena alat tersebut menggunakan sumber tenaga listrik.

Lebih lanjut, Direktur Utama Terminal Teluk Lamong Prasetyadi menambahkan kapasitas setiap alat Grab Ship Unloader baru tersebut mencapai 2.000 ton per jam. Dengan mengoperasikan keduanya akan didapat kemampuan operasi hingga 4.000 ton per jam.

“Pelayanan kecepatan bongkar muat curah kering terus ditingkatkan, sehingga sejalan dengan proyeksi Terminal Teluk Lamong untuk mencapai target produksi lima juta ton per tahun”, ungkapnya.

Sementara itu, dua unit STS Crane baru yang ditempatkan di Terminal Nilam memiliki kapasitas berat maksimal 40 ton.

Commissioning test (uji coba dan periksa) dilakukan selama 21 hari, guna memastikan kinerja STS Crane yang mencapai 35 box/crane/hour. Kecepatan ini membuat kinerja Terminal Nilam semakin efisien”, tambah Husein Latief.

Kahumas Pelindo III Edi Priyanto di Surabaya menambahkan bahwa Pelindo III juga terus meningkatkan kinerja pelabuhan-pelabuhan lain yang dikelolanya. Untuk itu, Pelindo III akan kembali mendatangkan peralatan bongkar muat baru akhir tahun 2015 ini.

“Untuk fasilitas di Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan akan ditambah dengan empat unit STS Crane baru. Fasilitas Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Jawa Tengah, juga akan ditambah dua unit STS Crane”, jelas Edi Priyanto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper