Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA PANGAN: Wortel Dijual Rp450.000 Per Dos dan Rp80.000 Per Kilogram

Diam-diam harga sejumlah bahan pangan asal hortikultura mengalami kenaikan, tajam di sejumlah pasar di Indonesia. Para ibu rumah tangga di Kota Ambon yang sedang berbelanja di pasar Mardika terlihat kesal dan mengeluhkan harga sayur wortel yang ditawarkan para pedagang mencapai Rp80.000/kg.
Ilustrasi bahan pangan asal hortikultura./Bisnis-Rachman
Ilustrasi bahan pangan asal hortikultura./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -  Diam-diam harga sejumlah bahan pangan asal hortikultura mengalami kenaikan, tajam di sejumlah pasar di Indonesia. Para ibu rumah tangga di Kota Ambon yang sedang berbelanja di pasar Mardika terlihat kesal dan mengeluhkan harga sayur wortel yang ditawarkan para pedagang mencapai Rp80.000/kg.

"Batal saja jenis masakan sayuran yang pakai wortel, habis mau buat apa lagi harga wortel yang sudah dipatok pedagang tidak bisa ditawar-tawar lagi," kata Rosita, warga Karang Panjang yang terlihat kesal akibat tidak bisa membeli worter guna keperluan di rumah.

Padahal, dia membutuhkan wortel untuk membuat sayur guna disajikan dalam rangka merayakan hari ulang tahun anaknya ke delapan.

"Beta (saya) menelpon juru masak dahulu sekiranya menu makanan/sayuran harus memanfaatkan wortel, maka terpaksa membeli," ujarnya.

Dia kesal karena harga wortel melonjak saat perayaan Idul Adha 1436 Hijriah.

"Jangan memanfaatkan momentum perayaan keagamaan untuk mencari untung besar sehingga meresahkan masyarakat," kata Rosita.

Sedangkan, pedagang sayur wortel dan beberapa jenis sayur lainnya, Caca Umy (45), mengakui kalau harga wortel Rp80.000/kg, eceran ukuran kecil Rp10.000/buah dan yang sedikit besar Rp15.000/buah.

"Saya bersama abang Dullah saja yang berani membeli dari agen pada Rabu(23/9) malam kawasan pasar Batu merah yang menjual dengan harga Rp450.000/dos. Jadi supaya tidak merugi menjual eceran saja, sebab kiloan sudah pasti warga tidak membeli karena terlalu mahal," ujarnya.

Dia menjelaskan, selain wortel yang menghilang dari Rabu(23/9) malam, sayur kol juga tidak terlihat dijual para pedagang.

"Kalau jenis sayur yang lain masih tetap normal dan stock cukup banyak, seperti kentang Rp12.000/kg, kacang boncis Rp20.000/kg dan bunga kol Rp40.000/kg," kata Caca Umy.

Sedangkan kacang panjang Rp8.000/ikat kecil, labu siam Rp10.000/tiga buah, terong Rp5.000/ikat (empat buah), ketimun Rp10.000/tumpuk (empat buah) dan buah pari Rp10.000/tumpuk (empat buah besar).

Khusus sayur daun seperti bayam merah maupun putih, kangkung cabut maupun kangkung potong rata-rata Rp5.000/ikat, dan sawi Rp6.000/ikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper