Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CAEXPO 2015: RI Siap Hapuskan Hambatan Dagang dengan China

Pemerintah Indonesia yakin sebelum akhir tahun ini dapat menyelesaikan sejumlah poin-poin kebijakan terkait dengan tarif, non tarif dan mutual recognition agreement dalam hubungan dagang dengan China.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, GUANGXI - Pemerintah Indonesia yakin sebelum akhir tahun ini dapat menyelesaikan sejumlah poin-poin kebijakan terkait dengan tarif, nontarif dan mutual recognition agreement dalam hubungan dagang dengan China.

Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan saat ini tim teknis tengah bekerja dan melakukan pertemuan dengan sejawat dari kementerian perdagangam China untuk mengeliminir hambatan perdagangan bilateral. 

Dia menjelaskan pihaknya juga berkoordinasi dengan kementerian teknis seperti dengan kementerian Perindustrian tentang makanan minuman, kementerian Pertanian untuk produk holtikuktura, kementerian Kehutanan menyangkut produk perkayuan.

Mendag menegaskan soal tarif dan nontarif masih dalam batas diskusi teknis.

"Saya juga diingatkan wakil menteri perdagangan China ada dua proses trade agreement yaitu RCAP tentang Asean plus 6 di mana kita mau sejauh mungkin diselesaikan sebelum akhir tahun, dan kedua adalah CAFTA," ujarnya seusai pembukaan China Asean Expo ke-12 di Nanning Guangxi, China, Jumat (18/9/2015).

Mendag berharap kondisi sosial politik dan ekonomi kedua negara juga mendukung upaya meningkatkan hubungan dagang dengan China.

"Itu targetnya November ini pada pertemuan kepala negara sudah bisa disimpulkan secara substantif. Minimum banyak kemajuan akhir tahun ini," kata Thomas Lembong.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, neraca perdagangan RI dengan China mencapai US$48 miliar pada akhir 2014. Indonesia masih mencatatkan defisit senilai US$13 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fahmi Achmad

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper