Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kementerian ESDM Siap Tagih Tunggakan Perusahaan Tambang

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan ada sekitar 2.000 surat tagihan kepada perusahaan tambang yang masih memiliki tunggakan kepada negara.
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 02 September 2015  |  01:20 WIB
Sekitar 2.000 surat tagihan tersebut merupakan gabungan dari perusahaan tambang batu bara dan mineral.  - Bisnis.com
Sekitar 2.000 surat tagihan tersebut merupakan gabungan dari perusahaan tambang batu bara dan mineral. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan ada sekitar 2.000 surat tagihan kepada perusahaan tambang yang masih memiliki tunggakan kepada negara.

Direktur Pembinaan Program Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Sri Rahardjo mengungkapkan pihaknya akan mengoptimalkan penagihan tersebut untuk menggenjot penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dari sektor mineral dan batu bara (minerba).

"Kita masih ada waktu 4 bulan. Kalau gak salah ada sekitar 2.000 surat tagihan. Nanti kita lihat berapa yang masuk dan berapa yang belum," ujarnya di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Sri melanjutkan sekitar 2.000 surat tagihan tersebut merupakan gabungan dari perusahaan tambang batu bara dan mineral. Adapun tagihan yang dimaksud tidak hanya untuk tunggakan tahun ini, tetapi juga tunggakan dari tahun-tahun sebelumnya yang belum dibayar.

Untuk mempercepat proses penagihannya, Kementerian ESDM akan bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rencananya, hari ini ada pembahasan terkait tindakan apa yang bisa segera diambil.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian esdm perusahaan tambang
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top