Bangun Kota Baru, AKR Land Alokasi 800 Hektare

PT AKR Land mengalokasikan lahan seluas 800 hektare di Gresik, Jawa Timur untuk membangun sebuah kota baru bertajuk Grand Estate Marina City (GEM) City.

Bisnis.com, JAKARTA—PT AKR Land mengalokasikan lahan seluas 800 hektare di Gresik, Jawa Timur untuk membangun sebuah kota baru bertajuk Grand Estate Marina City (GEM) City.

Managing Director AKR Land Widijianto menuturkan pada tahap awal perusahaan akan mengolah 20 hektare lahan proyek untuk pengembangan infrastuktur dan rumah tapak.

Sejak peluncurannya pada Juni 2015, 600 unit hunian sudah terserap pasar. Harga jual dibanderol Rp3,5 juta per m2 atau sekitar Rp350 juta per unit.

“Bulan depan mulai pembangunan rumah, dan serah terima tahun depan,” tuturnya di sela acara penutupan atap fasilitas Gallery West di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Perusahaan menargetkan bisa menjual sampai 1.200 unit rumah hingga akhir tahun. Adanya pelemahan ekonomi nasional membuka peluang segmen menengah ke bawah untuk mendapatkan rumah.

Menurut Widjianto, pengembang perlu jeli dengan melebarkan ekspansi untuk menyasar segmen yang masih kuat.

Dia pun mengatakan keberadaan kota  GEM City juga mendukung fasilitas bagi perindustrian dan pelabuhan proyek Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE).

Berdasarkan catatan Bisnis, kawasan JIIPE dengan nilai investasi Rp50 triliun berasal dari dua investor, yakni PT AKR Corporindo Tbk dan PT Pelindo III.
 
Luas lahan yang disediakan berkisar 3.000 hektare, yang terdiri dari 1.600 hektare untuk kawasan industri, 400 hektare untuk pelabuhan, dan 800 hektare untuk properti dan pemukiman.

JIIPE sendiri merupakan kawasan industri yang dirancang terintegrasi dengan pelabuhan, pembangkit listrik, receiving LNG terminal, pengolahan air laut menjadi air tawar, dan juga jalur logistik kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Hafiyyan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper