Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan GEM City Rampung Dalam 20 Tahun

PT AKR Land merencanakan pengembangan kota baru di Gresik, Jawa Timur bertajuk Grand Estate Marina City (GEM) City akan selesai dalam waktu 20 tahun.
GEM City/akrland.com
GEM City/akrland.com

Bisnis.com, JAKARTA—PT AKR Land merencanakan pengembangan kota baru di Gresik, Jawa Timur bertajuk Grand Estate Marina City (GEM) City akan selesai dalam waktu 20 tahun.

Perusahaan sudah mengalokasikan Rp1 triliun untuk pengembangan selama tiga tahun kota seluas 800 hektare tersebut.
 
Managing Director AKR Land Widijianto menuturkan pada tahap awal perusahaan akan mengolah 20 hektare lahan proyek untuk pengembangan infrastuktur dan rumah tapak.

“Ke depannya, kami menyiapkan pengembangan hotel bintang tiga berkapasitas 250 kamar dan hotel bintang empat berkapasitas 200 kamar,” tuturnya di Jakarta, Kamis (27/8/2015).

Sejak peluncurannya pada Juni 2015, 600 unit rumah tapak sudah terserap pasar. Harga jual dibanderol Rp3,5 juta per m2 atau sekitar Rp350 juta per unit.

Perusahaan menargetkan bisa menjual sampai 1.200 unit rumah hingga akhir tahun. Adanya pelemahan ekonomi nasional membuka peluang segmen menengah ke bawah untuk mendapatkan rumah.

Dia pun mengatakan keberadaan kota  GEM City juga mendukung fasilitas bagi perindustrian dan pelabuhan proyek Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) seluas 3.000 hektare

Berdasarkan catatan Bisnis, kawasan JIIPE dengan nilai investasi Rp50 triliun berasal dari dua investor, yakni PT AKR Corporindo Tbk dan PT Pelindo III.

Adapun kota baru GEM City  nantinya memiliki kawasan perumahan, kondominium, Marina, Central Business District (CBD), fasilitas umum dan sosial, Central Park, kawasan komersial terpadu, 18 holes golf course dilengkapi dengan Golf Academy, driving range, serta Clubhouse dan Transit-Oriented Development (TOD).

Menurut Widjianto, lokasinya terbilang strategis dengan jarak tempuh 40 menit dari pusat kota Surabaya dan 50 menit dari Bandara Internasional Juanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper