Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Siapkan Rp1 Triliun Bangun Pipa Air Bersih di Pekanbaru

PT Encona Naara Abadi (Persero) menyiapkan Rp1 triliun untuk membangun pipa penyalurkan air bersih di Pekanbaru.
Air bersih. /jibi
Air bersih. /jibi

Bisnis.com, PEKANBARU - PT Encona Naara Abadi (Persero) menyiapkan Rp1 triliun untuk membangun pipa penyalurkan air bersih di Pekanbaru.

Engineering PT Encona Naara Abadi Ariel Hin Han mengatakan pembangunan dan perbaikan pipa akan dilakukan tahun ini. Dia menilai dana yang dianggarkan pemerintah melalui APBN bagi pengembangan infrastruktur air bersih masih di bawah 30% sehingga perlu ada keterlibatan swasta dan asing.

"Mau tidak mau investasi pengembangan air bersih harus mengandalkan modal swasta," tuturnya, Senin (24/8/2015).

Ariel menyebutkan perusahaannya sangat tertarik menanamkan modal di Pekanbaru untuk pengembangan air bersih. Selama ini, pihaknya menilai fasilitas air bersih masih minim di ibu kota Provinsi Riau itu.

“Kita juga mewujudkan program pemerintah pusat. Tahun 2019, penyaluran air bersih harus mencapai 100% di setiap kota,” kata Ariel.

Sementara itu, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Siak Kemas Yusferi mengatakan pihaknya memang memerlukan dana yang besar untuk membangun ataupun memperbaiki pipa. Selama ini, terkendala karena Pemkot Pekanbaru tidak memiliki dana yang mencukupi.

“Kami sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Encona Naara Abadi sebagai pemodal dan PT Acuatico Air Indonesia sebagai tekniknya malam tadi. Untuk pembangunan jaringan pipa air bersih,” katanya.

Sementara itu, 60% pipa penyaluran air bersih mengalami kerusakan. Hanya 7% dari 1,3 juta jiwa warga Pekanbaru yang menikmati air bersih. Kebutuhan air bersih akan terus meningkat seiring meningkatnya jumlah penduduk di Pekanbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper