Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semester I/2015, PTPN XI Klaim Laba Rp12 Miliar

Kinerja 16 pabrik gula (PG) milik PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) sepanjang semester I/2015 tercatat cukup memuaskan di tengah berbagai kebijakan internal baru yang diterapkan di lapangan.nn
Gula. Peningkatan kualitas produksi pabrik juga dipengaruhi peningkatan kemampuan personalia di pabrik./Ilustrasi
Gula. Peningkatan kualitas produksi pabrik juga dipengaruhi peningkatan kemampuan personalia di pabrik./Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA – Kinerja 16 pabrik gula (PG) milik PT Perkebunan Nusantara XI (Persero) sepanjang semester I/2015 tercatat cukup memuaskan di tengah berbagai kebijakan internal baru yang diterapkan di lapangan.

Direktur Utama PTPN XI Dolly P. Pulungan mengatakan kinerja pabrik meningkat karena perseroan menerapkan sistem respons cepat atas perubahan di lapangan. Setiap kebutuhan mendesak di unit produksi selalu diputuskan dengan cepat.

"Perpaduan antara semangat dan keputusan cepat membuat pabrik termotivasi bekerja maksimal," jelasnya dalam siaran pers yang dilansir, Minggu (23/8/2015).

Dari segi laporan keuangan, PTPN XI pada semester I/2015 telah membukukan laba Rp12 miliar, alias jauh melampaui proyeksi rencana yang biasanya merugi karena baru mulai giling. Capaian ini tertinggi diantara bumn gula di Tanah Air.

Menurutnya, solusi atas permasalahan teknis di lapangan yang direspons cepat membuat problem di tingkat produksi segera ditemukan solusi. Selain itu, peningkatan kemampuan dengan mendatangkan sejumlah konsultan turut memberikan ilmu baru.

"Ada konsultan yang kami ajak memberi masukan agar kinerja pabrik bisa maksimal, konsultan lokal kami manfaatkan untuk merefresh ketrampilan operasional sedang konsultan India membantu dalam rancang bangun revitalisasi dan hilirisasi menuju pabrik yang modern," tambahnya.

Karakter PG di India dengan Indonesia dinilai tidak jauh berbeda. Meski demikian, negara tersebut bisa memproduksi gula dengan kualitas baik. Keberhasilan itulah yang dicoba untuk diduplikasi di Tanah Air. "Benchmark untuk meningkatkan performance pabrik," imbuhnya.

Hingga pertengahan Agustus, PTPN XI menempatkan lima unit usahanya masuk sepuluh besar capaian rendemen. Posisi atas masih ditempati PG Assembagoes dengan perolehan SHS prosen tebu sebesar 8,05% dan produksi SHS mencapai 14.403 ton.

PG Pradjekan di urutan keempat dengan SHS prosen tebu sebesar 7,78% dan produksi sebesar 14.473 ton. Di urutan keenam diduduki PG Pagottan dengan SHS prosen tebu 7,53% dan produksi SHS sebesar 12.817 ton.

Sementara itu, PG Pandjie menempati urutan ke delapan dengan SHS prosen tebu 7,56% dan produksi SHS 7.577 ton dan PG Poerwodadie di posisi sembilan dengan perolehan SHS prosen tebu sebesar 7,55% dan produksi SHS 10.598 ton.

Direktur SDM dan Umum PTPN XI M. Cholidi menambahkan peningkatan kualitas produksi pabrik juga dipengaruhi peningkatan kemampuan personalia di pabrik.

"Soft skill mereka harus terus diperhatikan, kendala ketrampilan ini mulai terasa ketika para operator senior banyak yg pensiun. Sedangkan pengganti nya belum siap. keterbatasan alat juga direspons cepat agar tidak terakumulasi menjadi bottle neck yang sangat mengganggu. Ini bagian dari upaya kita agar pabrik gula terus bisa bersaing."

Menurutnya, strategi peningkatan kemampuan, penyegaran pengetahuan — salah satu caranya dengan mendatangkan contoh dari negara lain — dan respons cepat akan pemenuhan kebutuhan investasi peralatan pabrik akan terus dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper