Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Kemarau Tak Pengaruhi Lahan Pertanian Sumut

Musim kemarau yang menyebabkan kekeringan di berbagai wilayah di Indonesia diperkirakan tidak akan berpengaruh signifikan terhadap lahan pertanian di Sumatra Utara.
/Antara
/Antara

Bisnis.com, MEDAN - Musim kemarau yang menyebabkan kekeringan di berbagai wilayah di Indonesia diperkirakan tidak akan berpengaruh signifikan terhadap lahan pertanian di Sumatra Utara.

Kepala Seksi Pengembangan Lahan Dinas Pertanian Sumut Lusiantini menyebutkan, meski berpeluang membuat lahan puso, tapi dampak kekeringan pada tahun ini tidak akan seburuk tahun lalu. Kendti demikian, Distan Sumut belum dapat memprediksi berapa luas lahan yang akan terkena dampak kekeringan.

"Ini sudah mulai masuk musim kemarau ya. Pada tahun lalu, kemarau itu pada Juni hingga Agustus dan menyebabkan 12.000 hektare lahan puso. Untuk tahun ini memang ada El nino tapi tidak ekstrem jadi masih ada hujan," tutur Lusiantini, Rabu (29/7/2015).

Adapun, beberapa kabupaten yang berpotensi terdampak kekeringan di Sumut pada tahun ini yakni Serdang Bedagai dan Deli Serdang. Kondisi ini, sebut Lusiantini, memang berbanding terbalik dengan kekeringan yang mulai melanda di beberapa daerah di Jawa. Oleh karena itu, pihaknya tidak terlalu khawatir terhadap dampaknya.

"Kalau pada tahun lalu lahan pertanian yang kena kekeringan itu di Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. Ini cukup parah karena di sana banyak lahan perkebunan sawit jadi kekurangan sumber air," pungkas Lusiantini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper