Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lahan Tol Palindra Rampung Sebelum Desember 2015

Pemprov Sumatra Selatan menargetkan penyelesaian pembebasan lahan dari proyek Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang memiliki panjang 22 km dapat rampung sebelum Desember 2015.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG—Pemprov Sumatra Selatan menargetkan penyelesaian pembebasan lahan dari proyek Jalan Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang memiliki panjang 22 km dapat rampung sebelum Desember 2015.
 
Seketaris Daerah Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan pembebasan lahan untuk proyek jalan tol tersebut terus dikebut. Hingga saat ini, lahan yang telah dibebaskan baru sekitar 7 km. Sedangkan sisanya 15 km masih dalam proses.
 
“Kami kebut terus agar sisa lahan untuk tol sepanjang 15 km itu bisa selesai sebelum Desember ini. Sebab kalau tidak, dana proyek Jalan Tol Palindra dari APBN ini bakal terlambat juga cairnya,” katanya, Minggu (12/07).
 
Dari total lahan untuk 15 km tersebut, lanjut Mukti, sebagian besar kini tinggal dalam proses pembayaran. Sementara sisanya, masih dalam sengketa. Adapun, sebanyak empat persil lahan diketahui tidak ada pemiliknya.
 
Dalam proses ganti rugi lahan, Pemprov Sumsel menggunakan mekanisme konsinyasi bagi tanah warga berada di lokasi pembangunan.

Mukti mengaku Pemprov Sumsel telah berkoordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pemkab Ogan Ilir.
 
“Proyek ini mendesak dan sangat dibutuhkan. Agar lebih cepat dalam ganti rugi lahan, kami menitipkan uang ganti rugi di pengadilan, jadi tidak ada alasan proyek ini bakal terkendala lagi oleh sengketa,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper