Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran 2015: Potongan Tarif Tol 25-35% Mulai Berlaku

Pemerintah mulai memberlakukan potongan tarif sebesar 25% hingga 35% untuk penggunaan jasa jalan tol pada seluruh ruas tol di Indonesia.
Ilustrasi: Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat/Antara
Ilustrasi: Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) di Jawa Barat/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah mulai memberlakukan potongan tarif sebesar 25% hingga 35% untuk penggunaan jasa jalan tol pada seluruh ruas tol di Indonesia.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Velix Wanggai mengatakan potongan tarif yang diberlakukan pada seluruh ruas tol di Indonesia ini dilakukan sesuai dengan arahan dan instruksi Presiden Joko Widodo.

Dia menuturkan, potongan tarif (diskon) pada seluruh ruas tol diberlakukan pada H-10 lebaran atau mulai berlaku sejak Selasa (7/7/2015).

"Penerapan diskon tarif ini akan diberlakukan hingga H+5 lebaran atau sampai dengan Rabu (22/7)," kata Velix di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan pemberlakuan besaran tarif akan terbagi menjadi dua yaitu diskon 25% diberikan oleh operator swasta jalan tol dan 35% diberikan oleh operator BUMN.

“Diskon berlaku untuk semua golongan jenis kendaraan dari golongan I – VI. Pengeluaran kebijakan diskon tarif tol adalah hadiah dari pemerintah untuk para pemudik di seluruh tanah air, serta sebagai upaya untuk meringankan biaya mudik lebaran,” ujarnya.

Menurutnya, penerapan diskon tarif tol ini juga bertujuan untuk menarik minat pemudik agar menggunakan jalan tol selama arus mudik. Dengan demikian, kepadatan lalu lintas pada jalan-jalan utama seperti jalur Pantai Utara (Pantura) dan jalur Trans Sumatera diprediksi bisa berkurang hingga 40%.

Velix mengatakan seluruh operator jalan tol baik swasta maupun BUMN telah menyatakan kesiapannya mendukung kebijakan pemerintah terkait penurunan tarif seluruh ruas tol yang akan diberlakukan selama 16 hari.

"Meskipun diberlakukan potongan tarif, pendapatan operator tol tidak akan berkurang, karena kepadatan lalu lintas hampir di seluruh ruas tol akan melonjak, jika dibandingkan hari biasa," tuturnya.

Di sisi lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  memastikan bahwa seluruh rest area pada ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,7 kilometer telah beroperasi dan siap melayani para pengguna jalan tol selama arus mudik.

"Saat ini delapan rest area di ruas tol Cipali sudah siap beroperasi. Empat rest area terdapat di sisi menuju Palimanan dan empat rest area terdapat di sisi menuju Jakarta," kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper