Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kipas Wiracana, Industri rumahan yang Mendunia

Masyarakat tengah menggandrungi pemakaian cluth, shawl, dan scarf, tetapi ada satu aksesoris klasik yang ternyata tetap menjadi andalan utama dalam bergaya. Salah satunya kipas, yang kini diyakini tak hanya berfungsi sebagai pengusir gerah.
Kipas Wiracana. /balisoulmate
Kipas Wiracana. /balisoulmate

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan dunia fesyen kini semakin pesat, aksesoris penunjang pun semakin beragam. Terbaru masyarakat tengah menggandrungi pemakaian cluth, shawl, dan scarf, tetapi ada satu aksesoris klasik yang ternyata tetap menjadi andalan utama dalam bergaya. Salah satunya kipas, yang kini diyakini tak hanya berfungsi sebagai pengusir gerah.

Sebut saja penyanyi kelas dunia asal Indonesia, Anggun Cipta Sasmi. Guna merubah gambaran dari penyanyi remaja yang tak pernah ketinggalan mengenakan aksesoris topi kini perlahan Anggun memulai trend baru dengan memilih kipas sebagai aksesoris pengganti topi untuk menciptakan gaya yang lebih dewasa dan bersahaja.

Anggun juga dipercaya menjadi brand ambassador salah satu produk kipas ternama dari Pulau Dewata Bali yakni Kipas Wiracana. Home industry yang berdiri sejak 1987 tersebut kini dikelola oleh I Ketut Wiranantaja.

Wiranantaja mengatakan dahulu kipas hanya sebatas digunakan sebagai suvenir terutama dalam pesta pernikahan dan kegiatan budaya di Bali seperti menari. Menurutnya inovasi yang tak henti pada Kipas Wiracana yang menjadikan kipas ini kian dekat dengan dunia fesyen.

Awalnya Wira membuat desain kipas kayu yang seragam sebagai ciri Kipas Wiracana. Material utama yang digunakan adalah kayu mahoni yang langsung diambil dari Pulau ALur, Nusa Tenggara Timur.

Sebelum menjadi gagang kipas, kayu mahoni tersebut diberi beragam ukiran dan lukisan khas Bali seperti baraong, rangda, burung garuda dan lain sebagainya. Tak hanya kayu, Wira juga menggunakan material dari tulang, gading, serta kerang.

Untuk badan kipas Wira menggunakan kain-kain berkualitas untuk menjamin kualitas kipas produksinya seperti kin tenun, brokat Perancis hingga Sutra. Bahkan kain yang dipotong pun menggunakan sinar laser agar serat kain tetap rapi. Kerapian dan ketelitian menjadi pekerjaan finishing yang penting pada kipas produksi Wira.

Namun, tak berhenti pada detail pemilihan kain dan pemotongan, agar terlihat makin eksklusif bagian pinggir Wira juga kerap mengaplikasikan warna-warna cat hingga serpihan emas dan perak sebagai hiasan kipas. Kini ribuan desain telah diproduksi dan dinikmati pecinta fesyen di Indonesia hingga ke seluruh mancanegara.

Kipas Wiracana memiliki desain-desain unggulan seperti kipas sutra polos, kipas sutra lukis tangan, kipas kertas, kipas sutra batik, kipas kerang laut, kipas sutra brokat, kupas lukis dengan ukiran dari tulang, dan lainya.

Inovasi desain ini membuat kipas tak lagi hanya menjadi benda untuk mengusir panas tapi benda yang wajib dibawa oleh wanita yang bergaya elegan. Apalagi desain-desainnya memang terlihat lebih dinamis.

“Saya sudah ke Spanyol, Jepang dan negara Eropa lainnya untuk mempelajari detail tentang kipas.Namun inspirasi saya dalam mendesain adalah segala hal yang ada di sekitar kita, bahkan yang sederhana seperti ukiran pintu rumah juga saya jadikan acuan dalam membuat desainya.,” kata Wiranantaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper