Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelas Bandara Kualanamu Sejajar dengan Heathrow Airport

Kualitas pelayanan dan produk Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatra Utara kini sejajar dengan bandara internasional terkenal lainnya seperti Abu Dhabi International Airport (UEA), Charles De Gaulle (Paris), Schipol Airport (Amsterdam), Heathrow Airport (London).
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Kualitas pelayanan dan produk Bandara Internasional Kualanamu Deli Serdang Sumatra Utara kini sejajar dengan bandara internasional terkenal lainnya seperti Abu Dhabi International Airport (UEA), Charles De Gaulle (Paris), Schipol Airport (Amsterdam), Heathrow Airport (London).

Prestasi itu diraih setelah menerima Sertifikasi Bintang Empat dari lembaga pemeringkatan Skytrax.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero), Budi Karya Sumadi mengatakan Sertifikasi Bintang Empat itu juga sebagai bentuk penghargaan kepada operator bandara.

"Skytrax adalah lembaga berbasis di Inggris yang telah diakui kompetensinya di bidang aviasi atau penerbangan oleh industri penerbangan global".

Aspek-aspek yang termasuk penilaian Skytrax adalah fasilitas terminal, kenyamanan terminal, layanan transit, area perbelanjaan, restoran, kafe dan bar, layanan dan fasilitas bagi penumpang berangkat serta datang, layanan imigrasi, pemeriksaan keamanaan, dan transportasi darat.

Bandara Internasional Kualanamu diresmikan pada 27 Maret 2014 dan merupakan bandara termodern di Indonesia saat ini, dilengkapi fasilitas canggih penanganan bagasi yakni "integrated baggage handling screening system" (IBHSS) dengan tingkat pendeteksi keamanan tertinggi.

"Diimplementasikannya IBHSS memungkinkan bandara ini menerapkan sistem terbuka untuk pendaftaran penumpang atau 'check-in' seperti Bandara Internasional Changi di Singapura," katanya.

Bandara Kualanamu saat ini juga merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang terintegrasi dengan jaringan kereta guna memberikan alternatif moda transportasi bagi pengunjung atau penumpang pesawat.

Sebelumnya, Bandar Kualanamu telah menyiapkan skenario pertolongan pertama terhadap ancaman virus MERS yang dikhawatirkan bisa menyerang melalui wisatawan asing.

"Kami sudah antisipasi dan rencanakan skenario evakuasi terhadap siaga virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome)," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I, Jefri Sitorus.

Alat pendeteksi panas tubuh sudah disiagakan di beberapa titik pengawasan penurunan penumpang. Selain itu, banyak ditayangkan cara-cara pencegahan MERS, gejalanya, dan bahayanya melalui pesan audio-visual di layar iklan utama bandara.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper