Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi di Makassar, Blue Bird Siapkan Rp27 Miliar

PT Blue Bird Tbk. tahun ini menginvestasikan dana sebesar Rp27 miliar untuk melebarkan usahanya dengan mengoperasikan 100 unit taksi di kota Makassar.
Blue Bird/Jibiphoto
Blue Bird/Jibiphoto

Bisnis.com, MAKASSAR- PT Blue Bird Tbk. tahun ini menginvestasikan dana sebesar Rp27 miliar untuk melebarkan usahanya dengan mengoperasikan 100 unit taksi di kota Makassar.

Direktur PT Blue Bird Tbk. Andre Djoko Soetono mengatakan, untuk tahap awal pihaknya baru akan mengoperasikan 50 unit taksi dulu dan hingga akhir 2015 nanti akan terus ditambah hingga menjadi 100 unit yang beroperasi di kota ini.

"Sesuai hasil pembicaraan dengan pihak BKPMD Sulsel, tahun ini akan kami operasikan 100 unit di Makassar dengan total investasi sebesar Rp27 miliar. Tetapi, untuk tahap awal ini akan kami operasikan 50 unit dulu," kata Andre di sela-sela peluncuran Blue Bird Taksi di Makassar, Selasa (16/6/2015).

Dia mengatakan, Makassar merupakan kota ke-14 di Indonesia yang menjadi tujuan pengembangan usaha armada angkutan umum ini. Sebelumnya, pihaknya sudah mengoperasikan taksi berlogo burung biru ini, yakni di lima kota di Pulau Jawa, di lima kota di Sumatera, serta masing-masing di Bali, Lombok, Manado dan Makassar.

Secara total menurut dia, tahun ini pihaknya sudah menyiapkan capex atau belanja modal perusahaan antara Rp1,7 triliun hingga Rp2 triliun untuk penambahan pool dan unit taksi maupun untuk peremajaan pool dan unit taksi yang telah ada. "Saat ini total kami sudah memiliki 25.000 unit taksi," ujarnya.

Dia juga menuturkan, langkah pengembangan usahanya ke Kota Daeng bukan untuk menggerus pasar pengguna taksi yang telah ada. Malah, pihaknya ingin meningkatkan pengguna taksi di kota ini, yang saat ini tercatat ada sekitar 3.000 pengguna taksi.

"Apalagi, kita tahu sekarang ini Makassar sudah macet dan cukup susah untuk mencari lahan parkir. Nah, daripada mereka repot atau capek membawa kendaraan sendiri, kan lebih baik naik taksi," jelas Andre.

Adapun, salah satu upaya yang bakal ditempuh untuk menggaet pengguna taksi baru, di antaranya fokus pada orderan di kompleks-kompleks perumahan dan hotel.

Pihaknya juga akan melakukan promosi hingga ke luar kota Makassar, agar masyarakat di luar kota ini yang akan berkunjung mengetahui bahwa saat ini di Makassar telah beroperasi Blue Bird Taksi, sehingga saat datang ke kota ini, mereka bisa menggunakan layanan jasa yang disediakan.

Selain itu lanjut dia, pihaknya juga menyasar pelanggan loyal yang juga berekspansi usaha di kota ini, sehingga ketika berada di kota ini, bisa menggunakan unit-unit yang tersedia.
"Serta tentunya, kami tetap mengedepankan segi pelayanan," ucapnya.

Sementara itu, terkait revenue atau pendapatan perusahaan, meski secara kontribusi pihaknya belum bisa berharap banyak dari hasil pengembangan usaha di kota Makassar, namun dia berharap paling tidak pertumbuhan revenue tahun ini sama dengan posisi tahun lalu, yaitu sebesar 19% dengan nilai diatas Rp4 triliun.

"Melihat kondisi ekonomi kita saat ini, kami tidak menargetkan yang muluk-muluk. Pertumbuhan kita tahun ini sama dengan tahun lalu, itu sudah syukur sekali," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wiwiek Dwi Endah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper