Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Ekonomi Bangka Belitung Masih Tumbuh Positif

Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan mencatat kinerja pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung yang merupakan provinsi tetangga Sumsel cukup positif meski terjadi sejumlah perlambatan.
Pertumbuhan/Ilustrasi
Pertumbuhan/Ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG - Bank Indonesia Perwakilan Sumatra Selatan mencatat kinerja pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung yang merupakan provinsi tetangga Sumsel cukup positif meski terjadi sejumlah perlambatan.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumsel, Hamid Ponco Wibowo, mengatakan pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan I/2015 tercatat sebesar 4,10% (yoy), sedikit lebih rendah dibandingkan dengan triwulan IV/2014 yang tercatat sebesar 4,75% (yoy).

"Namun pencapaian tersebut masih lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi Sumatra yang tercatat sebesar 3,53% (yoy)," ujarnya saat pembukaan kas keliling di Belitung, Selasa (9/6/2015).

Sementara itu, inflasi Prov. Kep. Babel triwulan I/2015 tercatat semakin menurun dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yaitu dari 9,04% (yoy) menjadi 6,73% (yoy) yang didorong oleh penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

Kota Tanjung Pandan sebagai salah satu kota penghitung inflasi juga mencatatkan penurunan inflasi pada triwulan I/2015 yaitu dari 13,14% pada triwulan sebelumnya menjadi sebesar 7,07% (yoy).

"Di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi, kinerja perbankan di Babel masih dapat tumbuh positif sebagaimana tercermin dari meningkatnya aset perbankan sebesar 11,13% (yoy)," katanya.

Dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) pada triwulan I/2015 mencapai Rp13,46 triliun atau tumbuh 9,99% (yoy) dan penyaluran kredit (berdasarkan lokasi proyek) mencapai Rp13,66 triliun atau tumbuh 19,58% (yoy).

Pertumbuhan penyaluran kredit tersebut diimbangi dengan masih terjaganya kualitas kredit dibawah 5% sebagaimana tercermin dari Rasio NPL yang sebesar 2,62%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper