Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Sempurnakan Sistem Irigasi Nasional

Pemerintah berkomitmen menyempurnakan sistem irigasi nasional untuk meningkatkan kualitas manajemen air dan irigasi guna mendukung peningkatan produksi pertanian.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah berkomitmen menyempurnakan sistem irigasi nasional untuk meningkatkan kualitas manajemen air dan irigasi guna mendukung peningkatan produksi pertanian.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Mudjiadi mengatakan, dalam hal penyempurnaan sistem irigasi, perlu adanya perhitungan yang matang terlebih dahulu terhadap perencanaan, sistem operasi, pemeliharaan dan pengawasan irigasi sebelum mengusulkan pembangunan jaringan irigasi baru.

Menurutnya, modernisasi yang tengah digalakan di kementeriannya bertujuan untuk mempermudah sistem operasi.

“Bila kita berbicara irigasi secara keseluruhan, kita memerlukan kesuksesan dari kegiatan monitoring, yang sangat memerlukan penggunaan teknologi innformasi,” katanya seperti dikutip dari laman resmi PU-Pera, Senin (8/6/2015).

Khusus untuk irigasi besar dengan luas minimal di atas 10.000 hektar, menurutnya harus memilki ruang operasi (operation room). Menurunya, tahun depan Ditjen SDA harus sudah memilki pilot project berkaitan dengan hal itu.

Operation room ini nantinya akan berlokasi di lantai 3 gedung Menteri PU-Pera dan merupakan hasil kerja sama dengan Korea.

Hasil yang diharapkan dari keseluruhan proses manajemen air dan modernisasi irigasi adalah didapatkannya kepastian waktu, peningkatan kualitas hasil konstruksi, serta pengerjaan yang lebih sederhana.

“Mesti diingat bahwa salah satu kelemahan kita adalah dalam hal quality control,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper