Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marunda Center Terminal: Terminal 1 B Bakal Dibangun Tahun Ini

Direktur Komersial Marunda Center Terminal Aulia Febrial Fatwa mengatakan terminal 1B tersebut akan memiliki kedalaman laut mencapai 9,5 meter sehingga mampu menampung kapal dengan kapasitas 20.000 ton.
Ilustrasi/Antara-Andika Wahyu
Ilustrasi/Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA- Marunda Center Terminal bakal memiliki satu terminal baru pada tahun ini. Direktur Komersial Marunda Center Terminal Aulia Febrial Fatwa mengatakan terminal 1B tersebut akan memiliki kedalaman laut mencapai 9,5 meter sehingga mampu menampung kapal dengan kapasitas 20.000 ton.

Terminal 1B ditargetkan selesai dalam waktu 1,5 tahun dan dimulai pembangunannya pada tahun ini. Aktivitas bongkar muat di Marunda Center Terminal, paparnya, mengalami peningkatan.

"Ini meningkat dari awal kita pada tahun lalu beroperasi sampai dengan bulan kemarin selalu bertumbuh," ucapnya, Kamis (4/6/2015).

Peningkatan itu terjadi pada terminal 1A yang mengalami peningkatan kargo bongkar muat mencapai 180.000 ton per bulan. Sementara, pada awal pembukaannya, Marunda Center Terminal hanya mencatatkan aktivitas bongkar muat dibawah 100.000 ton per bulan.

Terminal 1A yang sudah beroperasi hanya menampung kapal tongkang dengan ukuran 6.000 GT sampai 7.000 GT. Kedalaman laut pada dermaga tersebut hanya 5,5 meter.

Setiap bulannya Terminal 1A telah mendatangkan 40-45 unit kapal setiap bulannya. Lebih lanjut, Aulia enggan menyebutkan nilai investasi pada terminal yang akan dibangun.

"[Nilai investasi] itu tidak bisa saya buka, cukup besarlah. Yang memang kita kucurkan untuk terminal 1A dan 1B cukup besar dan itu kita sudah perhitungkan ada saat awal studi untuk investasi pelabuhan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper