Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Garuda Raih Sukuk US$500 juta

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada Rabu, 27 Mei 2015, malam waktu London, Inggris, mengumumkan penetapan kupon Sukuk Global senilai US$500 juta dengan jangka waktu lima tahun sebesar 5,95%.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 29 Mei 2015  |  18:26 WIB

Bisnis.com, JAKARTA- PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk pada Rabu, 27 Mei 2015, malam waktu London, Inggris, mengumumkan penetapan kupon Sukuk Global senilai US$500 juta dengan jangka waktu lima tahun sebesar 5,95%.

Penawaran kupon tersebut diumumkan pada akhir rangkaian roadshow global penerbitan Sukuk Global di Abu Dhabi, Dubai (Uni Emirat Arab), Hong Kong, Singapore, Zurich (Swiss), dan London (Inggris).

Dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (29/5), Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan seiring dengan respon positif yang diberikan dari para investor selama penyelenggaraan roadshow, Garuda membuka transaksi dengan menawarkan kupon Sukuk Global sebesar 6,25%.

Namun mengingat tingkat permintaan surat utang tersebut meningkat pesat mendekati USD 2 miliar, maka kupon Sukuk Global tersebut ditetapkan pada angka 5,95%.

Secara geografis, investor penyerap Sukuk Global Garuda di antaranya berasal dari Timur Tengah sebanyak 56%, Asia sebesar 32%, dan Eropa sebesar 12%. Sementara berdasarkan tipe investor, penyerap Sukuk Global tersebut adalah 52% banks/agencies, 29%private banks/corporates, dan 19% fund managers.

Menurutnya, penerbitan Sukuk Global senilai USD 500 juta oleh Garuda Indonesia ini merupakan Sukuk Global berdenominasi USD pertama yang dikeluarkan oleh BUMN dan korporasi nasional di luar Indonesia, dan diharapkan akan membuka jalan bagi BUMN dan korporasi lain di Indonesia untuk memasuki pasar tersebut.

Aksi korporasi yang dilaksanakan tanpa adanya jaminan dari pemerintah maupun institusi keuangan itu, menjadikan Garuda sebagai national flag carrier pertama di kawasan Asia Pasifik yang berhasil melaksanakan penerbitan Sukuk Global berdenominasi USD.

Dengan menggunakan struktur wakala yang berbasis Shariah, penerbitan Sukuk Global ini cukup fenomenal dan akan menjadi benchmark bagi penerbitan Un-Rated Global Sukuk berikutnya.

Keberhasilan yang dicapai Garuda dalam pelaksanaan penerbitan Global Sukuk ini merupakan bentuk kepercayaan yang sangat kuat dari para investor terhadap Garuda Indonesia sebagai maskapai flag carrier Indonesia. Aksi korporasi ini juga merupakan salah satu milestone penting dalam pengembangan Islamic capital market di Indonesia.”,” terangnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sukuk pt garuda indonesia tbk
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top