Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daya Beli Merosot, Ranch Market Ubah Nama Jadi Farmers Market di Balikpapan

PT Supra Boga Lestari (Tbk) mengubah nama retail Ranch Market cabang Balikpapan menjadi Farmers Market. Pengubahan nama ini diikuti dengan penggantian sasaran segmen konsumen.
Farmers Market/Bisnis-Nadya Kurnia
Farmers Market/Bisnis-Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - PT Supra Boga Lestari (Tbk) mengubah nama retail Ranch Market cabang Balikpapan menjadi Farmers Market. Pengubahan nama ini diikuti dengan penggantian sasaran segmen konsumen. 

Nama Ranch Market ini resmi diubah pada Rabu (27/5/2015). Asisten Manager Farmers Market Balikpapan Fian Miftah Faridl mengatakan pengubahan nama disertai penggantian sasaran segmen ini dikarenakan menurunnya daya beli konsumen di Balikpapan. 

“Daya beli konsumen yang berkunjung itu menurun sejak kuartal pertama tahun ini, padahal jumlah pengunjungnya bertambah. Maka dari itu pihak manajemen pusat mempertimbangkan penggantian segmentasi konsumen,” tuturnya, Kamis (28/5/2015). 

Dengan digantinya sasaran segmen konsumen, maka produk-produk yang ditawarkan di Farmers Market pun turut berubah. Produk-produk yang dijual kini didominasi oleh produk nasional, dengan persentase 70% produk nasional dan 30% produk impor.

“Kalau Ranch Market dulu segmennya memang konsumen kelas atas, jadi harga juga lebih mahal. Produk yang dijual juga 70% produk impor dan 30% produk nasional. Sekarang setelah diubah nama dan segmennya, justru persentasenya dibalik,” tambah Fian. 

Selain penurunan daya beli konsumen, lanjutnya, pihak manajemen juga mempertimbangkan saran yang masuk dari konsumen. Menurutnya, banyak konsumen yang meminta frekuensi pengadaan promo penjualan dan penurunan harga produk. 

Lebih lanjut, Fian berharap dengan digantinya sasaran segmen konsumen ini, daya beli konsumen Farmers Market akan meningkat dibandingkan dengan kuartal sebelumnya. 

“Kami harapkan naik daya belinya. Setelah kami ganti nama dan sasaran segmen sejak kemarin juga daya beli konsumen sudah meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper