Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Cikampek-Palimanan: Mobil di Jalur Pantura Diperkirakan Berkurang 40%

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Chondro Kirono memperkirakan penggunaan kendaraan roda empat yang melintas Jalur Pantura akan berkurang sebanyak 40% dengan berfungsinya Tol Cikampek-Palimanan.
jalur pantura
jalur pantura

Bisnis.com, JAKARTA--Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Chondro Kirono memperkirakan penggunaan kendaraan roda empat yang melintas Jalur Pantura akan berkurang sebanyak 40% dengan berfungsinya Tol Cikampek-Palimanan. Pengoperasian Tol Cikampek-Palimanan akan dibuka pada 10 Juni 2015.

Dia mengatakan tol sejauh 116,7 km itu akan menyambung dari Palimanan ke Kanci dilanjutkan sampai ke Pejagan sehingga beban beralih ke Jawa Tengah.

Problem-nya di Jawa Tengah bebannya lebih berat karena jalan tol sudah mulai nyambung dari Serang sampai Pejagan,” katanya, Selasa (26/5/2015).

Jalur tol dari Cikampek menuju Palimanan akan menyambung ke Kanci hingga sampai Pejagan. Berpindahnya beban ke Jawa Tengah juga turut mengalihkan konsentrasi pengamanan.

Tahun ini, menurutnya, pengamanan akan berkonsentrasi di Brebes dan Tegal. Sementara di Jawa Barat akan dilakukan secara penuh oleh Polda Jabar.

“Backup-nya akan ke Jateng, baik prasarana, mobilitas, dan personel. Nanti akan ke Jateng, seputaran Brebes dan Tegal. Jabar relatif dikendalikan sendiri oleh Polda Jabar,” ucapnya.

Tahun ini, Kementerian Perhubungan memprediksi jumlah kendaraan mobil pribadi pada masa lebaran meningkat dari 1.593.918 unit menjadi 1.686.369 unit.

Peningkatan juga bakal dialami oleh kendaraan roda dua atau sepeda motor menjadi 2.022.343 unit dari sebelumnya 1.876.460 unit. Kesiapan sarana bus akan meningkat menjadi 44.871 unit dari tahun sebelumnya yang berjumlah 43.015 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper