Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Sehat, Bitung Jadi Percontohan

Pemerintah Kota Bitung menyatakan kesiapannya sebagai daerah percontohan penyelenggaraan Pasar Sehat kendati di wilayahnya akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus.
Pedagang menata buah apel impor. /Ilustrasi-JIBI-Rachman
Pedagang menata buah apel impor. /Ilustrasi-JIBI-Rachman

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Kota Bitung menyatakan kesiapannya sebagai daerah percontohan penyelenggaraan Pasar Sehat kendati di wilayahnya akan dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus.

Walikota Bitung Hanny Sondakh mengungkapkan konsep penyelenggaraan Pasar Sehat bertujuan untuk mewujudkan pasar yang bersih, aman, nyaman, dan sehat melalui kemandirian komunitas pasar yang terdiri dari pengelola pasar, pemasok, pedagang dan konsumen.

Menurutnya, Kota bitung telah memiliki aspek persyaratan kesehatan lingkungan pasar seperti lokasi, bangunan, sanitasi, perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Selain itu, juga telah memenuhi standar keamanan dan tersediannya fasilitas pendukung lain.

“Dengan menimbang aspek tersebut, kami siap jadi percontohan Pasar Sehat,” katany seperti dikutip dari situs Humas Kota Bitung, Rabu (13/5/2015).

Dia mengungkapkan dengan adanya pasar sehat maka berbagai pihak dapat diuntungkan. Misalnya, produsen primer (petani dan nelayan), pedagang, pemerintah daerah, manajer pasar, masyarakat sekitar, masyarakat umum dan konsumen.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kota Bitung juga mengungkapkan bahwa peran pasar, khususnya pasar tradisional, sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan bagi golongan masyarakat menengah ke bawah.

Sayangnya, image pasar tradisional biasanya cenderung negatif akibat kumuh, kotor, berbau tidak sedap, dan becek. Kondisi tersebut dapat menjadi tempat perkembangbiakan binatang penular penyakit, seperti Flu Burung, kecoa, lalat, tikus dan nyamuk sehingga memungkinkan terjadi penularan penyakit baik secara langsung maupun tidak langsung melalui perantara vektor.

Padahal, masyarakat sebenarnya lebih senang berbelanja di pasar tradisional karena harga yang lebih murah dan dapat ditawar dibanding dengan pasar modern.  Untuk itu, pemerintah tengah berusaha mewujudkan agar pasar tradisional menjadi pasar sehat. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper