Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benahi Strukturisasi Mesin IKM, Kemenperin Gelontorkan Rp57 Miliar

Guna meningkatkan kualitas industri kecil menengah dan mendorong hadirnya 24.500 pelaku hingga 2019, Kementerian Perindustrian kucurkan Rp57 miliar untuk program restrukturisasi mesin.
/dajk
/dajk

Bisnis.com, JAKARTA—Guna meningkatkan kualitas industri kecil menengah dan mendorong hadirnya 24.500 pelaku hingga 2019, Kementerian Perindustrian kucurkan Rp57 miliar untuk program restrukturisasi mesin.

Tahun ini, Kemenperin menargetkan ada sekitar 250 pelaku IKM yang mendapat fasilitasi tersebut. “Untuk industri kecil rerata bantuan sekitar Rp300 juta, sementara industri menengah berkisar Rp300 juta – Rp400 juta,” tutur Dirjen Industri Kecil Menengah Kemenperin Euis Saedah kepada Bisnis.com, Senin (11/5).

Kemenperin telah menerbitkan Peraturan Menteri Perindustrian No 21/2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Perindustrian No 11/2014 tentang Program Restrukturisasi Mesin Dan/Atau Peralatan Industri Kecil dan Menengah.

Selain Permenperin, diterbitkan pula Peraturan Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah  No 30/2015 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Restrukturisasi Mesin dan/atau Peralatan IKM. Anggaran yang digunakan untuk restruktrusisasi mesin IKM tahun ini senilai Rp57 miliar, yang terdiri untuk industri kecil senilai Rp27 miliar dan industri menengah Rp30 miliar.

Sebagai gambaran output program dari tahun 2009 – 2014, telah disalurkan lebih Rp55 miliar kepada lebih dari 420 IKM dan telah mampu meningkatkan investasi mesin/peralatan sebesar lebih dari Rp200 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper