Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Belum Miliki Terminal, Pemprov Kaltim Ngotot Resmikan Bandara Maratua

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menegaskan akan meresmikan Bandara Maratua yang ada di Kabupaten Berau, meskipun terminal bandara tersebut masih dalam tahap pembangunan.

Bisnis.com,SAMARINDA—Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menegaskan akan meresmikan Bandara Maratua yang ada di Kabupaten Berau, meskipun terminal bandara tersebut masih dalam tahap pembangunan.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Zairin Zain mengatakan pada akhir Mei, bandara tersebut sudah siap diuji cobakan, terutama untuk pesawat sejenis Susi Air. Sementara, untuk pendaratan pesawat yang lebih besar masih membutuhkan verifikasi dari Kementerian Perhubungan.

“Untuk uji coba, Susi Air sudah bisa dilakukan akhir Mei ini, tetapi untuk pesawat ATR 42 sejenis Kalstar yang isi 40 penumpang, tunggu verifikasi dari Kemenhub,” katanya, Jumat (8/5/2015).

Dia mengungkapkan tujuan Bandara Maratua merupakan bandara perintis. Tujuan pembangunannya adalah untuk memperlancar arus keluar masuk wisatawan lokal dan mancanegara ke kawasan wisata Kepulauan Derawan yang ada di kabupaten Berau.

Obyek Wisata Derawan, sebutnya, merupakan obyek wisata andalan Provinsi Kaltim yang memiliki keindahan pantai dan kehidupan ikan dan terumbu karang yang ada di sepanjang pantainya.

Sementara itu, berkaitan dengan pembangunan terminalnya, Zairin menyatakan pembangunannya direncanakan akan diusulkan dalam APBN. Sementara itu, Pemprov Kaltim akan mendorong Pemkab Berau untuk segera melakukan pembebasan lahan yang akan dibangun terminal penumpang dibandara itu.

“Diperkirakan biaya pembangunan terminal mencapai Rp2 miliar. Kami yakin bisa menyelesaikan pembangunan itu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper