Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Syarat Jadi Mitra Binaan Astra

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis, tidak ada salahnya bergabung menjadi mitra binaan dari perusahaan-perusahaan besar.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 07 Mei 2015  |  21:24 WIB
PT Astra Internasional - Bisnis.com
PT Astra Internasional - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis, tidak ada salahnya bergabung menjadi mitra binaan dari perusahaan-perusahaan besar.

Apalagi, saat ini banyak perusahaan yang peduli terhadap perkembangan usaha kecil dan menengah, termasuk PT Astra Internasional melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra.

Salah satu syarat menjadi mitra adalah memiliki kemauan kuat untuk berkembang, meskipun Anda baru memulai bisnis. Kemudian, bisa mendaftar langsung ke Yayasan Dharma Bhakti Astra atau melalui Lembaga Pengembangan Bisnis milik Astra yang tersebar di 12 kota di Indonesia.

“Ada syarat yang sudah berbentuk badan usaha dan sebagainya, sekalipun baru mulai atau bagaimana tak apa. yang penting ikuti training dan terapkan,” ujar F.X. Sri Martono Ketua Pengurus Yayasan Dharma Bhakti Astra kepada Bisnis, Kamis (7/5/2015).

Setelah mendapatkan pembinaan dan pelatihan, UKM yang dinilai layak akan direkomendasikan memperoleh fasilitas pendanaan dari Astra Mitra Ventura. Pihak Astra ikut memberi pendampingan dan memantau perkembangan bisnis para mitra.

Astra juga membantu memperluas akses pemasaran, seperti mengajak mitra binaan menjadi pemasok ke berbagai anak usaha Astra, dan mengikutsertakan ukm ke berbagai pameran di dalam dan luar negeri.

“Konsepnya kita tidak berikan ikan tapi kasih kesempatan mereka kail sendiri. Kalau ada kontribusi sekalipun sedikit, itu ada komitmen karena mereka merasa berkontribusi,” ujarnya.

Para mitra binaan akan didampingi agar dapat mandiri dalam hal keuangan, manajemen ketenagakerjaan, pemasaran, kualitas produk, hingga pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja.

Tahun ini, YDBA menargetkan menambah sekitar 550 mitra binaan. Jika target tersebut tercapai, jumlah UMKM binaan pada akhir tahun akan mencapai lebih dari 9.000 mitra.

Sepanjang 35 tahun perjalanannya, yayasan yang didirikan William Soeryadjaya ini telah mendorong pengembangan UKM yang menjadi mitra binaan. Para mitra tersebut diklaim telah membuka lebih dari 50.000 lapangan kerja.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

astra
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top