Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kompetensi Pekerja, Jabar Genjot Pemagang ke Jepang

Pemprov Jawa Barat terus menggenjot kemampuan tenaga kerja untuk melakukan magang di Jepang agar siap pakai oleh industri lokal.
Magang kerja. Ilustrasi. /cilacap.olx.co.id
Magang kerja. Ilustrasi. /cilacap.olx.co.id

Bisnis.com, BANDUNG--Pemprov Jawa Barat terus menggenjot kemampuan tenaga kerja untuk melakukan magang di Jepang agar siap pakai oleh industri lokal.

Wagub Jabar Deddy Mizwar mengatakan pihaknya bersama Apindo Jabar bulan ini mengirim 50 orang untuk bersekolah dan magang pada industri manufaktur dari Jepang bekerjasama dengan Sento Cooperative dari Kyoto-Jepang.

Menurutnya, program pemagangan di Jepang ini berlangsung selama tiga tahun. Pemagang juga mendapat beasiswa sehingga bisa bersekolah secara gratis."Setelah mengikuti program ini, pemagang akan mendapatkan ijazah. Praktek sekaligus sekolah," katanya di Bandung, Minggu (26/4/2015).

Rencananya saat kembali ke tanah air, pemagang akan ditampung pelaku industri yang tergabung dalam Apindo. Deddy yakin para pemagang ini akan menjadi tenaga ahli karena sudah praktek langsung di Jepang.

Sebagai tenaga ahli, para pemagang yang diserap Apindo akan memiliki pendapatan di atas Upah Minimum Regional (UMR)."Pemagang tidak akan menganggur. Sebagai seorang ahli, tenaga mereka akan sangat dibutuhkan," jelasnya.

Untuk pemagang ke Sento seluruhnya berasal dari Politeknik Bandung (Polban). Beberapa diantaranya baru masuk kuliah sedangkan sisanya sudah lulus. Menurutnya kerjasama dengan Sento ini merupakan kelanjutan dari tahun lalu.

Ketika itu, para pemagang berasal dari Institute Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) namun di bidang pertanian. "Jumlah perguruan tinggi di Jabar banyak sekali, tapi Sento bisa menampung karena bergerak di berbagai bidang," katanya. (Adi Ginanjar/Wisnu Wage)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper