Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tol Cibitung-Cilincing: MTD Resmi Lepaskan 45% Saham ke Pelindo II

Investor asal Malaysia PT MTD CTP Expressway selaku pemegang konsesi tol Cibitung-Cilincing telah resmi melepas 45% saham kepada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 14 April 2015  |  21:36 WIB
Proyek jalan tol - Ilustrasi/Bisnis
Proyek jalan tol - Ilustrasi/Bisnis
Bisnis.Com, JAKARTA - Investor asal Malaysia PT MTD CTP Expressway selaku pemegang konsesi tol Cibitung-Cilincing telah resmi melepas 45% saham kepada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero).
 
Direktur PT MTD CTP Expressway Yusoff Merican menyatakan setelah proses penandatanganan resmi dilakukan, maka pihaknya selaku pemegang konsesi jalan tol Cibitung-Cilincing akan segera mengajukan surat perpindahan kepemilikan saham ke Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera).
 
"Minggu depan kita akan bertemu dengan Kepala BPJT untuk melaporkan perubahan komposisi kepemilikan saham dan meminta persetujuan dari Menteri PU-Pera," kata Yusoff, Selasa (14/4/2015).
 
Menurutnya, adanya kerja sama antara perusahaannya dan PT Akses Pelabuhan Indonesia (API) selaku anak usaha yang dibentuk PT Pelindo II untuk pengembangan bisnis di sektor jalan akses pelabuhan dan jalan tol ini dinilai efektif dalam percepatan pembangunan ruas tersebut.
 
Ditektur PT API Iwan Ridwan mengatakan dalam shareholders agreement ini, PT API melakukan investasi langsung di PT MTD CTP Expressway sebesar 45% dari kebutuhan pendanaan ekuitas untuk biaya konstruksi konstruksi.
 
Meskipun demikian, dia enggan menyebutkan jumlah pasti terkait biaya yang dibayarkan oleh PT API ke MTD.
 
"Kita belum bisa bicara soal jumlah pembelian, tetapi intinya kita akan setorkan dana sebesar 45% dari kebutuhan investasi Rp6,5 triliun," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelindo ii tol cibitung-cilincing
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top