Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kunci Sukses Ekspor Produk Kerajinan Indonesia

Pemerintah menyatakan inovasi dan kejelian melihat tren pasar menjadi faktor utama bagi para pelaku industri untuk dapat meningkatkan ekspor ke pasar internasional, tetapi juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas produk agar dapat meningkatkan daya saing.nn
Produk kerajinan lokal/Antara
Produk kerajinan lokal/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyatakan inovasi dan kejelian melihat tren pasar menjadi faktor utama bagi para pelaku industri untuk dapat meningkatkan ekspor ke pasar internasional, tetapi juga harus diimbangi dengan peningkatan kualitas produk agar dapat meningkatkan daya saing.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Nus Nuzulia Ishak, Kamis (9/4/2015), berharap kinerja ekspor nasional untuk produk-produk kerajinan akan terus menunjukkan peningkatan.

Adapun, produk-produk ekspor tersebut juga diharapkan akan semakin kreatif, inovatif, dan semakin beragam sehingga dapat mengangkat produk kerajinan Indonesia di pasar dunia.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, ekspor kerajinan Indonesia ke dunia cenderung stagnan dengan tren pertumbuhan selamaperiode 2010– 2014 hanya sebesar 2,63%. Adapun, ekspor pada Januari 2015 justru menurun 4,31% terhadap periode ekspor pada Januari 2014 dari US$59,85 juta turun menjadi US$57,27 juta.

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Ari Satria menyebutkan selama ini negara yang menjadi tujuan utama ekspor Indonesia a.l. ke Amerika Serikat (pangsa pasar  42,94% dari total ekspor), Jepang, Hong Kong, Inggris, dan Jerman.

Namun, pada Januari 2015, ekspor ke Malaysia yang meningkat signifikan menjadi US$4,05 juta dan Singapura sebesar US$2,49 juta, membuat kedua negara tersebut menjadi pasar ekspor yang cukup besar menggeser posisi Hong Kong, Inggris, dan Jerman sebagai negara tujuan ekspor terbesar untuk produk kerajinan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper