Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanam Padi, BI Purwokerto Kenalkan Metode Hazton

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Jawa Tengah, mengembangkan penanaman padi dengan metode Hazton di Patikraja, Kabupaten Banyumas, guna mendukung ketahanan pangan.
Teknik menanam padi dalam metode Hazton berbeda dengan cara yang biasa digunakan petani. /Bisnis.com
Teknik menanam padi dalam metode Hazton berbeda dengan cara yang biasa digunakan petani. /Bisnis.com

Bisnis.com, PURWOKERTO - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Jawa Tengah, mengembangkan penanaman padi dengan metode Hazton di Patikraja, Kabupaten Banyumas, guna mendukung ketahanan pangan.

"Sasaran yang kami tembak terutama pemberdayakan petani yang selama ini menjadi penggarap, tidak memiliki lahan yang luas," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Purwokerto Rahmat Hernowo di Purwokerto, Senin (30/3/2015).

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya melakukan intervensi terkait bagaimana cara menanam padi di lahan yang tidak terlalu luas tetapi produktivitasnya tinggai.

Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan di Patikraja, kata dia, dari lahan yang biasanya hanya mampu memroduksi gabah rata-rata 4 ton per hektare, setelah menggunakan metode Hazton bisa mencapai 8,7 ton per hektare.

"Contoh yang satu ini cukup bagus. Jenis padinya mengikuti yang ada di situ tetapi metode tanamnya yang kita intervensi," katanya. Menurut dia, pihaknya akan mencoba mengembangkan metode Hazton tersebut di kabupaten lain yang masuk dalam wilayah kerja BI Purwokerto.

Hernowo mengharapkan petani setempat nantinya akan mempunyai stok gabah maupun beras dengan membuat lumbung komunal. Dengan demikian, kata dia, petani tidak akan kesulitan ketika menghadapi musim tanam berikutnya.

Disinggung mengenai kemungkinan BI Purwokerto akan memberikan bantuan lumbung komunal kepada petani, dia mengatakan bahwa hal itu akan dilakukan pada 2015. "Namun bulannya belum bisa kami nyatakan karena sekarang ini, kami sedang mencoba melakukan 'penelitian' awal," katanya.

Informasi yang dihimpun, metode Hazton diciptakan oleh Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Barat Hazairin dan terbukti berhasil dikembangkan di sejumlah areal pertanian provinsi itu.

Teknik menanam padi dalam metode Hazton berbeda dengan cara yang biasa digunakan petani.

Dalam hal ini, petani biasanya menggunakan teknik tanam dari bibit yang ada kemudian dipindahkan dan dibagi-bagi lagi sehingga hanya 3-4 tanaman yang ditanam.

Dalam metode Hazton, bibit yang akan ditanam tidak dibagi-bagi dan langsung ditanam hingga mencapai 20-25 tanaman. Pada metode Hazton, sistem pencabutan bibit dari tempat pembibitan harus hati-hati dan usahakan akarnya tidak banyak putus.[]

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper